Kombes Pol. Dr. Faizal Ramdhani, S.Sos,. S.I.K,. MH

Terobosan Gerakan Ayo “Baparak” di Pasar Tradisional Kota Banjarbaru

  • Bagikan
Pasar Bauntung Kota Banjarbaru. (Foto: juwita/koranbanjar.net)

Dinas Perdagangan Kota Banjarbaru gencarkan terobosan Gerakan Ayo Baparak (Berbelanja ke Pasar Rakyat) di semua pasar tradisional Kota Banjarbaru.

BANJARBARU,koranbanjar.net – Hal tersebut dalam rangka mengenalkan pasar tradisional yang terbukti tetap eksis di tengah berkembangnya pasar modern.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Banjarbaru Abdul Basid mengatakan, dirinya akan terus mensosialisasikan pasar rakyat, dengan diawali mengajak seluruh ASN untuk berbelanja di pasar rakyat.

“Ayo kepada seluruh TNI dan Polri, ASN seluruh Kota Banjarbaru, untuk menumbuhkan ekonomi dan meningkatnya kesejahteraan masyarakat Kota Banjarbaru,” tuturnya pada saat menghadiri even Semarak Bauntung 2021, Jumat (12/11/2021).

Sementara itu, Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pasar Bauntung Adi Royan menyampaikan, untuk memajukan Pasar Bauntung dirinya sudah melakukan beberapa peningkatan pelayanan.

“Tahun depan sudah dikonsepkan, Pasar Bauntung ini akan dijadikan ke arah yang lebih modern lagi,” ucapnya.

Royan menambahkan, pihaknya sudah melalui audit dengan Kemendag RI, sehingga dalam waktu dekat Pasar Bauntung akan mendapatkan sertifikat SNI Pasar Rakyat se Kalimantan.

“Insya Allah dalam waktu dekat jika Pasar Bauntung berhasil, akan mendapatkan sertifikat SNI Pasar Rakyat se Kalimantan yang akan diberitahuan akhir bulan ini,” sebutnya.

Diungkapnya, ketika selesai dilantik menjadi kepala UPT Pasar Bauntung beberapa waktu lalu, dirinya langsung melakukan pemantauan terhadap pasarnya dan melakukan beberapa inovasi untuk menarik minat pengunjung.

Di pasar Bauntung sendiri, kata Royan, sudah terdapat 150 daftar tunggu yang akan mengisi los atau bilik-bilik di Pasar Bauntung.

Ada sekitar 1.085 los yang sudah terisi penuh oleh para pedagang.

Kemudian, apabila ada salah satu pedagang yang bermain, maka dirinya akan menindak tegas oknum tersebut.

“Kita akan menindak tegas apabila ada oknum di pasar Bauntung yang bermain ‘nakal’ maka akan kita berhentikan,” ucapnya.

Diungkapkan salah seorang pedagang, Susan mengatakan, kondisi pasar saat ini jauh lebih bersih dan nyaman, ditambah lagi dengan pengunjung yang sudah mulai berdatangan.

“Para petugas selalu melakukan pembersihan sehingga membuat baik pedagang dan pembeli merasa nyaman,” tuturnya.

Susan berharap eksistensi pasar Bauntung semakin kuat dan dapat bersaing terhadap toko-toko modern sehingga dapat memajukan perekonomian. (jwt/dya)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *