oleh

Terkait Program Rumah Sejahtera, Dana Bantuan Disalurkan Langsung

Dinas Sosial Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) menjelaskan bahwa penyaluran dana bantuan sosial (bansos) program rumah sejahtera langsung diberikan kepada penerima melalui transfer rekening.

HULUSUNGAISELATAN, koranbanjar.net – Dikabarkan sebelumnya, tempat tinggal milik Syahri (70) yang menerima bansos program rumah sejahtera di Kecamatan Telaga Langsat terhenti karena bahan material tak kunjung datang.

Menanggapi hal ini, Kepala Dinas Sosial HSS, Nordiansyah menegaskan bahwa penyaluran bansos bukan dengan memberikan bahan material bangunan, melainkan penyerahan dana langsung kepada penerima.

“Kami menyalurkan langsung ke rekening penerima, kemudian dari rekening digunakan untuk pembelian barang bangunan,” ucap Nordiansyah, Sabtu (19/9/2020) malam.

Dalam proses penyerahan dana bantuan juga disaksikan Bupati HSS Achmad Fikry beserta Camat, Kepala Dinas Sosial HSS, serta pihak Bank Kalsel sebagai penyalur.

“Jadi ditansfer ke masing-masing penerima, kami tidak mencampuri urusan lagi untuk pembelian barang tersebut,” jelasnya.

Setelah dana ditransfer, Dinsos HSS menargetkan penyelesaian bedah rumah tersebut selesai dalam waktu kurang lebih satu bulan.

Nordiansyah menuturkan, kemudian pihaknya akan melakukan monitoring dan evaluasi ke seluruh rumah yang menerima bansos program rumah sejahtera.

“Kita memiliki 204 buah rumah sejahtera, masing-masing penerima mendapatkan dana sebesar Rp 13.908.000,” terangnya.

Menurut data Dinas Sosial HSS, kurang lebih 2000 buah rumah telah masuk usulan dan akan segera dikerjakan bertahap sesuai prioritas.

“Sementara, prioritas utama kita adalah tempat tinggal yang tidak layak huni di wilayah Kabupaten HSS,” pungkasnya.

Diketahui, Kabupaten HSS masuk 45 besar se Indonesia dalam Sinovik (Sistem Inovasi Pelayanan Publik) dan program rumah sejahtera merupakan program unggulan. (MJ-030/maf)

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: