oleh

Terapkan Efisiensi Energi, Pemprov Kalsel Raih Anugerah Subroto Ketiga Kalinya

JAKART,KORANBANJAR.NET – Kementerian Energi Sumber Daya Mineral  (ESDM)  RI memberikan Anugerah Subroto 2018 kepada Pemprov Kalsel untuk  Bidang Efisiensi Energi di Tingkat Pemerintahan Daerah.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Menteri ESDM, Ignasius Jonan, kepada Wakil Gubernur Kalsel, Rudy Resnawan, di Ballroom XXI-Djakarta Theater, Jakarta, Jumat (28/9) malam.

Penghargaan Subroto 2018 ini merupakan penghargaan tertinggi di bidang energi dan sumber daya mineral, dalam rangka memperingati Hari Pertambangan dan Energi Ke-73.

Apresiasi diberikan kepada para stakeholder sektor ESDM, baik individu, golongan maupun pemerintahan di tingkat pusat dan daerah. Terrmasuk jurnalis yang memberikan kontribusi dalam mendukung sektor ESDM.

Penghargaan Subroto sendiri diambil dari nama Menteri Pertambangan dan Energi pada tahun 1978-1988.

Bagi Pemprov Kalsel, penghargaan Subroto ini adalah penghargaan yang ketiga kalinya sejak tahun 2016 hingga 2018.

Berbeda dengan penghargaan dua tahun sebelumnya, dimana Pemprov Kalsel menempati Juara Harapan II dan III, maka untuk 2018 ini, Pemprov Kalsel berhasil  menyabet Juara 3 Nasional, setelah Jawa Tengah dan Riau.

Menteri ESDM RI, Ignasius Jonan, mengapresiasi tinggi atas prestasi nasional yang diraih Pemprov Kalsel.

Menteri ESDM mengutarakan keberhasilan Pemprov Kalsel dan daerah lainnya meraih Anugerah Subroto tidak lepas dari regulasi dan komitmen pimpinan daerah untuk menerapkan langkah-langkah efisiensi energi terus menerus dalam penyelengaraan pemerintah daerah.

Ignasius Jonan, didampingi Wamen ESDM, Arcandra Tahar, berharap penghargaan yang telah diraih agar bisa dipertahankan dengan terus melakukan langkah-langkah efisiensi berkelanjutan.

“Sukses selalu saya ucapkan kepada daerah, lembaga kementerian atau instansi swasta yang mendapat penghargaan. Terus pertahankan dan lakukan efisiensi demi  keberlangsungan energi di masa depan. Saya juga mengajak masyarakat turut terlibat bersama pemerintah membangun sektor ESDM agar mempercepat tujuan kita dan sektor ESDM mampu memberikan kemakmuran bagi semua rakyat,” ujarnya.

Sementara Kepala Dinas ESDM Provinsi Kalsel, Isharwanto menjelaskan, penghargaan efisiensi energi yang diraih Provinsi Kalsel merupakan hasil kerjasama yg baik dari Pimpinan Daerah, Pimpinan SKPD dan seluruh pegawai.

“Paling utama adalah perhatian luar bisa pimpinan daerah yang terus menerus mendorong dan mengimbau penghematan energi di kalangan aparatur dan masyrakat secara umum,”

Kadis ESDM Kalsel berharap, seluruh instansi di jajaran Pemprov Kalsel terus  menerapkan penghematan energi di instansi masing-masing, sehingga penghematan energi di Provinsi Kalimantan Selatan dapat terlaksana dengan baik. (hmsprov/dny)

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: