oleh

Tangani Virus Corona, Dinkes Banjar siapkan Ambulans khusus

MARTAPURA, koranbanjar.net – Setelah Kabupaten Banjar membentuk Gugus Tugas untuk penanganan Virus Corona atau Covid-19, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Banjar sudah menyiapkan satu unit mobil ambulans sebagai bentuk kesiapsiagaan.

“Mobil ambulans tersebut nantinya khusus kami gunakan untuk membawa pasien yang diduga suspect Virus Corona, dan tidak akan digunakan untuk pasien dengan penyakit lain,” jelas Kepala Dinkes Banjar, dr Diauddin. Kamis (19/3/2020).

Sebelum nantinya digunakan, mobil ambulans terlebih dahulu dilakukan penyemprotan Disinfektan agar memastikan mobil ambulans steril.

Kepala Dinkes Banjar juga menambahkan, sebelum dirujuk ke rumah sakit rujukan, pasien yang diduga suspect Virus Corona harus melewati pemeriksaan terlebih dahulu di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ratu Zalecha Martapura.

“Sebelum ke rumah sakit rujukan, ada satu tahap lagi yang harus dilewati yaitu pemeriksaan di RSUD Ratu Zalecha, karena di rumah sakit ada dokter ahli paru. Nantinya di sana pasien akan di rontgen untuk memastikan positif atau tidak. Jadi kita tidak sembarangan merujuk ke rumah sakit rujukan,” terangnya.

Selain itu, Dinkes Banjar juga berharap masyarakat turut andil dalam pencegahan penyebaran Virus Corona, selain dengan menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS), juga dapat melaporkan ke Public Safety Center (PSC) Intan Banjar di 119.

“Jadi diimbau kepada masyarakat atau ASN yang sejak tanggal 1 Maret ada yang bepergian ke wilayah terjangkit agar menghubungi Call Center atau juga melapor ke puskesmas terdekat,” kata dia. (har/dya)

Komentar

Jangan Lewatkan