Tabalong Gelar Ekspos Pelayanan Kesehatan JKN-KIS, Ini Pesan Wabup Mawardi

Wabup Tabalong, Mawardi membuka ekspos pelayanan kesehatan JKN-KIS di Hotel Aston Tanjung. (foto : arif/koranbanjar.net)

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tabalong bekerjasama dengan BPJS Kesehatan setempat menggelar ekspos pelayanan kesehatan bagi peserta Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) Universal Heal Coverage (UHC), di Ballroom Hotel Aston Tanjung, Senin (12/09/2022).

TABALONG, koranbanjar.net Dalam kesempatan itu, Wakil Bupati Tabalong Mawardi menginginkan dengan ada kegiatan hari ini pelayanan kesehatan di Bumi Sarabakawa ke depannya semakin baik lagi.

“Kami berharap agar pelayanan kesehatan kedepan semakin hari semakin baik salah satunya tentang data penerima Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) agar terintegrasi dengan BPJS Kesehatan,” ujarnya.

Menurut Mawardi, kondisi di lapangan saat ini erat kaitannya dengan pendataan, seperti data keanggotaan Penerima Bantuan Iuran (PBI), baik itu Provinsi maupun Kabupaten adalah mereka yang betul-betul berhak menerimanya.

“Untuk itu, kuncinya ada dipendataan yang benar dan valid,” ucapnya.

Mawardi menerangkan saat ini ada beberapa persoalan yang timbul dikalangan masyarakat, selain biaya pengobatan yang tak ditanggung sepenuhnya oleh BPJS.

Belum lagi dihadapkan masalah regionalisasi rujukan dan rumitnya pengurusan administrasi.

Karenanya diharapkan melalui forum ini dapat menyamakan pemahaman terkait pelaksanaan program JKN di Kabupaten Tabalong serta dapat menyelesaikan kendala-kendala operasional di lapangan serta dicarikan solusinya.

Mawardi juga menginginkan, Dinas Kesehatan (Dinkes) Tabalong dapat selalu memantau perkembangan pelayanan kesehatan di Bumi Sarabakawa.

Ini agar pihaknya dapat segera mengambil langkah kebijakan untuk memutuskan apa yang tepat untuk perbaikan layanan kesehatan di wilayah Kabupaten Tabalong, demi mewujudkan masyarakat yang sehat.

Selain itu, Mawardi juga meminta semua pihak harus mendukung keberhasilan program JKN – KIS agar tercapainya hubungan kemitraan yang baik dengan dengan pihak eksternal terkait dengan pembuatan kebijakan dan instansi perwakilan peserta pada tingkat daerah, dan tercapainya pemahaman yang sama atas program yang sedang atau akan dilaksanakan oleh BPJS Kesehatan serta terwujudnya kerjasama dan saling menunjang dengan pihak instansi terkait.

“Dengan adanya pertemuan ini, maka permasalahan mengenai layanan BPJS Kesehatan, baik di rumah sakit, puskesmas maupun masyarakat, bisa dibicarakan bersama di dalam forum ini, dengan tujuan untuk meningkatkan efektivitas fasilitas kesehatan sehingga diharapkan nantinya seluruh program BPJS Kesehatan tepat sasaran” tuturnya.

(anb/slv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *