oleh

Sukseskan Haul Datuk Kelampayan, Inilah yang Dilakukan Warga Sungai Batang

BANJAR, KORANBANJAR.NET – Sudah menjadi tradisi, setiap Haul Datuk Kelampayan, masyarakat dengan sukarela mendermakan harta dan tenaga untuk menyukseskan acara tersebut. Tidak berbeda dengan Haul ke 213 kali ini, warga Sungai Batang Kabupaten Banjar berbondong-bondong menuju dapur umum yang disediakan untuk memasak keperluan konsumsi jamaah haul Syeikh Muhammad Arsyad Albanjari atau Datu Kelampayan.

Ribuan potong daging dimasukan ke dalam beberapa kawah besar untuk diaduk bersama dengan nasi campur bumbu samin.

Pambakal Sungai Batang, Muhammad Aspi menjelaskan, aktivitas memasak di dapur umum ini dimulai sejak Kamis (6/6) malam lalu. “Dalam satu kawah ada 3.000 potong daging yang dimasukan, kawahnya ada beberapa titik,” ujar Aspi, Minggu (9/6/2019) tadi.

Ia mengatakan, makanan itu akan dibagikan pada Senin (10/6/20019) ini kepada jamaah yang hadir mengikuti haul ke 213 Datu Kelampayan.
Untuk menambah semarak, secara khusus Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor juga membagikan kopiah putih kepada relawan haul.

“Relawan yang bekerja kan tidak mendapat upah, jadi supaya semangat diberikan kopiah putih,” ujar Aspi.(rw/suarindonesia.com/sir)

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: