MTQ Nasional Kalsel

Sudah 10 Tahun Harsono Jalan Kaki Keliling Indonesia

MARTAPURA, KORANBANJAR.NET – Berawal dari kecintaan terhadap Presiden Pertama Sang Proklamator Ir. Soekarno, Muji Harsono bertekad mengelilingi Indonesia dengan berjalan kaki mendatangi tempat-tempat yang pernah dikunjungi Sang Presiden.

Berbekal tas gunung yang lusuh, tenda dan matras yang usam, baru-baru tadi, dia lewat di Jl. A Yani, wilayah Kota Martapura. “Saya awal-awal mengelilingi Indonesia sejak usia dua puluh dua tahun, karena kecintaan saya terhadap Bung Karno dan Indonesia,” ujar Harsono kepada koranbanjar.net, Senin (30/04).

Harsono tidak mau meneyebutkan asal daerahnya, tetapi dia hanya menyebutkan berasal dari Indonesia. “Saya bukan orang mana-mana, tapi saya adalah Indonesia,” begitu kata Harsono dengan gagahnya.

Harsono sudah hampir 10 tahun terakhir mengelilingi Indonsia, sekarang menuju Balik Papan, Kalimantan Timur. Dia hanya membekali diri dengan peralatan seadanya dan ditemani foto Presiden Pertama Indonesia, Bung Karno.

“Jadi saya juga berniat mendatangi tempat-tempat yang pernah didatangi Bung Karno,” ujarnya.

Selain itu Harsono tidak mau berkeliling Indonesia dengan menaiki kendaraan, dia hanya berjalan kaki. Untuk menunaikan tekadnya itu, dia harus meninggalkan anak dan istri di kampung halaman.

“Karena cinta saya kepada Indonesia lebih besar. Sekarang saya sangat miris dengan keadaan Indonesia,” ungkapnya.(sen/sir)