oleh

Suasana Lebaran, Kubah Datu Kelampayan Banjir Penziarah

ASTAMBUL,KORANBANJAR.NET- Masih dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 1439 hijriah, salah satu makam ulama tersohor di tanah Banjar ramai dikunjungi peziarah dari berbagai daerah, yakni makam Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari atau juga dikenal Datu Kelampayan di Desa Kelampayan, Kecamatan Astambul, Kabupaten Banjar.

Pantauan koranbanjar.net, Minggu (17/06) tadi, peziarah tak hanya datang dari masyarakat Kabupaten Banjar, tapi juga para peziarah ada yang datang dari luar Kalimantan Selatan.

Salah seorangnya, Saripudin (37), warga dari Kapuas, Kalteng. Dia bersama keluarganya jauh-jauh datang hanya untuk berjiarah ke makam Datu Kelampayan.

Menurutnya setiap lebaran atau hari raya dia selalu menyempatkan untuk berziarah ke makam-makam ulama yang ada di wilayah Martapura.

“Setiap tahun selalu k esini, biasanya kita keliling ke makam-makam ulama yang ada di Martapura, setelah ini kita lanjut ke Sekumpul,” ujarnya

Beda halnya dengan peziarah yang datang dari Samarinda Kalimantan Timur, H Jamaludin, dia yang datang ke Martapura bukan hanya untuk ziarah ke makam ulama, tapi juga untuk mengikuti prosesi haul ke-212 Syech Muhammad Arsyad Al-Banjari yang akan digelar Rabu.

“Ini ‘kan bentar lagi haul beliau, saya sengaja datang lebih awal karena juga ingin ziarah keliling,” ungkapnya.(sai/sir)

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: