Baznas

Stok Darah “O” di RSUD Datu Sanggul Darurat, Pasien Kesana-kemari Nyari Pendonor

- Tak Berkategori
  • Bagikan

RANTAU, KORANBANJAR.NET – Persediaan darah golongan O di RSUD Datu Sanggul, Kabupaten Tapin, sepertinya sudah mulai darurat. Untuk itu, Palang Merah Indonesia Kabupaten Tapin tidak tinggal diam.

PMI Kabupaten Tapin proaktif mencari pedonor darah di beberapa tempat hingga menjalin kerjasama dengan masyarakat Tapin, perusahaan dan satuan kepolisian untuk menjadi donor di bulan ini.

Kesulitan mendapatkan darah sempat dialami salah satu pasien, Kasmiati yang memerlukan darah golongan O sebanyak 5 kantong di ruang operasi Rumah Sakit Datu Sanggul Rantau.

Usaha proaktif PMI Kabupaten Tapin, nampaknya berhasil memenuhi kebutuhan darahnya bagi pasien Kasmiati di UTD RSUD Datu Sanggul Rantau pada Sabtu (14/4) petang hari kemarin.

Kordinator PMI Tapin, Fauzi mengatakan, dia selama kurang lebih sekitar 2-3 jam mencari pendonor darah segar golongan O untuk pasien bernama Kasmiati yang masuk RSUD Datu Sanggul Rantau akibat keguguran kandungan. Saat itu pasien telah mengeluarkan banyak darah.

“Alhamdulillah usahanya mencari pendonor darah didapati ada dari warga Tapin, pihak perusahaan dan juga anggota kepolisian yang bersedia mendonorkan darah, “katanya kepada koranbanjar.net.

Diharapkan masyarakat Tapin dapat lebih meningkat kesadarannya dengan sukarela mendonorkan darah. “Manfaat donor darah ini banyak, tidak hanya pada penerima melainkan bagi pendonor itu sendiri,” ungkapnya.(nas/sir)

  • Bagikan