MTQ Nasional Kalsel
Religi  

Warga Protes Jalan Rusak Tutupi dengan Ranting Pohon, Barulah PUPR Tapin Bereaksi seperti ini..

RANTAU, KORANBANJAR.NET – Jalan kabupaten, tepatnya kawasan Jl. H.Istbat sempat mengalami kerusakan cukup parah, yakni bergelombang dan berlubang. Bahkan keadaan itu sempat membuat warga setempat bereaksi, melakukan protes dengan cara menutup lubang jalan dengan ranting pohon dan batang pisang.

Bahkan sempat pula di kawasan itu tertulis pengumuman pada aspal “Awas Lubang.”

Penjaga Kios Penjual Pupuk H.Endang yang berjualan di sekitar lokasi menyatakan, sudah berkali-kali di lokasi jalan itu terjadi kecelakaan, yang saya tahu saja sudah empat kali terjadi dari mulai tukang sayur, remaja hingga terakhir kekanakan dari luar daerah orang Medan terpental kendaraannya beberapa meter sementara dirinya terjatuh di lokasi jalan yang berlubang itu.

Atas keadaan itu, Dinas PUPR melakukan perbaikan dengan membuat box culvert di Jalan H.Isbat. Perbaikan box culvert itu, dilakukan pada hari libur nasional di akhir pekan pada Sabtu (14/4) pagi.

Perbaikan itu mendapat apresiasi dari warga setempat. “Dengan diperbaiki jalan ini warga sangat mengapresiasi dengan harapan tidak lagi terjadi kecelakaan serupa di lokasi yang sama, “kata warga.

Aktifitas perbaikan box culvert diawali dengan pembongkaran satu lajur jalan untuk mengetahui seberapa banyak kerusakan. Sejumlah pekerja dan alat berat jenis backhoeloader diturunkan Dinas PUPR Tapin untuk membongkar jalan.

Selain itu, pihak PUPR melakukan perbaikan satu lajur jalan sementara ditutup bagi pengendara.

Menurut Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Tapin, H.Yustan Azidin,ST, MT, saat ini masih dilakukan pembongkaran satu lajur jalan untuk mengetahui seberapa banyak kerusakan. Nanti dilakukan pengecoran lantai dan penguatan tiang dan dinding box culvert.

“Kalau menurut teknisnya umur beton idealnya dapat difungsikan minimal 21 hari kalender, “ pungkasnya.(nas/sir)