MTQ Nasional Kalsel

Stand Bapenda Jadi “Magnet” Bagi Masyarakat Bayar PBB

MARTAPURA, KORANBANJAR.NET – Banjar Expo 2018 yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Banjar dalam rangkaian memperingati Hari Jadi ke 68 Kabupaten Banjar sekaligus peringatan HUT ke 73 Kemerdekaan RI, mulai 16 hingga 20 Agustus 2018, tidak hanya menjadi hiburan bagi masyarakat Kota Martapura khususnya dan masyarakat sekitar umumnya.

Lebih dari itu, pada kegiatan Banjar Expo 2018 ini, sejumlah SKPD lingkungan Pemkab Banjar juga ambil bagian dengan membuka stand-stand layanan yang disiapkan untuk masyarakat Kabupaten Banjar. Tidak terkecuali bagi Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Banjar yang sangat aktif membuka layanan, seperti di antaranya dengan tagline  “Layanan 5 menit selesai untuk pembuatan Nomor Pokok Wajib Retribusi Daerah (NPWRD) “ bagi masyarakat Kabupaten Banjar.

Stand Bapenda Kabupaten Banjar di tenda Banjar Expo 2018 ini dirancang semenarik mungkin, antara lain ditandai dengan ikon hewan capung pada bagian depan stand disertai berbagai ex banner berisi imbauan serta ajakan kepada masyarakat agar membayar PBB. Hal itu menjadi magnet bagi masyarakat Kabupaten Banjar untuk datang membayar PBB dan untuk mendapatkan layanan lainnya.

STAND - Bapenda Banjar mengundang perhatian.
STAND – Bapenda Banjar mengundang perhatian.

Ex banner lain juga mencantumkan imbauan sekaligus ajakan dari Bupati dan Wakil Bupati Banjar, H Khalilurrahman – H Saidi Mansyur, berisi “Kami Bangga Membayar Pajak, Mari Kita Dukung Pembangunan Kabupaten Banjar yang Sejahtera dan Barokah.”

Di stand ini, Bapenda Banjar memberikan pelayanan Pekan Panutan PBB untuk peserta lama maupun peserta yang baru. Selain itu juga melayani mutasi pembetulan dan menerima masukan dari masyarakat atas pelayanan yang disediakan. Bahkan Bapenda Banjar juga memberikan informasi tentang Sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Kepala Bapenda Banjar, H Syahrialludin, S.Sos, MAP  kepada koranbanjar.net, menyampaikan, sejak Banjar Expo dibuka hingga Sabtu malam (19/8/2018), masyarakat yang membayar PBB cukup banyak hingga mencapai 142 orang.

“Tadinya, kami mengumumkan, bagi 100 orang pembayar PBB pertama akan mendapatkan souvenir berupa gelas cantik. Namun, sebagai bentuk apresiasi kami kepada masyarakat yang aktif membayar PBB, meski jumlah pembayar PBB melebih 100 orang, tetap kami berikan souvenir,” ungkap Syahrial.

Mungkin, menurut dia, adanya layanan pembayaran PBB di stand pameran telah sampai ke masyarakat dari mulut ke mulut, sehingga yang datang bayar PBB tidak hanya dari Martapura, melainkan adapula yang datang dari Gambut dan Sungai Tabuk.

Ditambahkan, Pekan Panutan PBB merupakan program yang dilaksanakan Bapenda Banjar untuk tiga kecamatan prioritas atau berpotensi. Yakni untuk Kecamatan Martapura, Gambut dan Kertak Hanyar.

“Layanan pembayaran PBB di stand pameran ini merupakan bagian dari Pekan Panutan PBB untuk Kota Martapura. Habis ini akan kami lanjutkan ke Kecamatan Gambut, berikutnya ke Kecamatan Kertak Hanyar,” tutupnya. (mj-20/sir)