Staf Ahli Bupati Tanah Bumbu Ikuti Rakernas

Staf Ahli Bupati Tanah Bumbu mengikuti rakernas dengan Basarnas. (Sumber Foto: Kominfo Kabupaten tanah Bumbu/koranbanjar.net)

Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu melalui Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik mengikuti kegiatan pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) bertempat di ruang Digital Live Room (DLR) Kantor Bupati, Senin (21/02/2022).

TANAHBUMBU,koranbanjar.net – Turut hadir dalam kegiatan rakernas Basarnas secara virtual tersebut yakni Kepala Pelaksana BPBD, Eryanto Rais dan Dinas Sosial.

Raker Basarnas ini dibuka langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo secara virtual di Istana Negara.

Dalam Sambutanya Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan, tantangan Basarnas dalam menghadapi situasi darurat akan semakin besar. Namun, dia menekankan tim SAR harus mampu menyelamatkan setiap nyawa manusia dalam situasi apa pun.

“Tantangan kita dalam menghadapi situasi darurat akan semakin besar. Tetapi dalam situasi apa pun, pelayanan SAR harus sigap dan cepat untuk menyelamatkan setiap jiwa manusia,” kata Jokowi saat membuka Rakernas.

Sikap tersebut sangat dibutuhkan mengingat Indonesia merupakan salah satu negara dengan risiko bencana dan kedaruratan tinggi di dunia. Sehingga, kesigapan Basarnas menjadi garda terdepan dalam menghadapi hal itu.

Kepala Negara meminta tim search and rescue (SAR) Nasional diisi sumber daya manusia yang cepat tanggap dan militan. Sehingga, mampu memberikan pertolongan cepat dan tepat dalam kondisi yang memerlukan penanganan khusus.

Di sisi lain, Jokowi berharap Rakernas tahun ini bisa melahirkan gagasan-gagasan inovatif yang implementatif. Sehingga, dapat melahirkan terobosan-terobosan penting meningkatkan pelayanan dasar kepada masyarakat. (dya)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *