oleh

Sowan ke Tuan Guru Syukri Unus, Andin Diceritai Syekh Sya’rani Arif

Di malam yang penuh berkah, malam bulan suci Ramadan, Andin Sofyanoor menyempatkan diri sowan ke Tuan Guru Syukri Unus di Antasan Senor Martapura, Sabtu (2/5/2020) malam. Dari silaturrahmi tersebut ada hal menarik yang mereka perbincangkan. Salah satunya tentang ketokohan Syekh Sya’rani Arif yang merupakan kakek dari KH. Muhammad Syarif Busthomi atau Guru Oton.

MARTAPURA, koranbanjar.net – Kedatangan Andin Sofyanoor sowan ke Tuan Guru Syukri Unus mendapatkan sambutan yang sangat ramah, bahkan mendapat doa untuk maju dalam Pilkada Banjar 2020 mendatang.

Doa yang disampaikan Tuan Guru Syukri Unus terlontar, tak lama setelah tuan guru yang memiliki ribuan jamaah pada majelis taklim Sabilal Anwar ini tafakur dan terdiam.

Mendengar pasangan Andin Sofyanoor, yakni KH Muhammad Syarif Busthomi, ingatan beliau langsung tertuju kepada kakek Guru Oton, KH Anang Syarani Arief yang tidak lain adalah salah satu guru beliau mengaji ilmu agama.

Guru ahli tata bahasa (nahwu) ini menceritakan, ia sewaktu bersekolah di Ponpes Darussalam sudah diberikan amanah membantu gurunya ini untuk mengajar.

Andin Sofyanoor (dua dari kiri) berdampingan dengan Tuan Guru Syukri Unus dan beberapa ulama muda lainnya.(foto:koranbanjar.net)
Andin Sofyanoor (dua dari kiri) berdampingan dengan Tuan Guru Syukri Unus dan beberapa ulama muda lainnya.(foto:koranbanjar.net)

Selain belajar dari muhaditsin Kalimantan Syekh Anang Syarani Arief, di antaranya juga mengaji dengan KH Salim Ma’ruf, orangtua dari KH Khalilurrahman dan sederet ulama besar lainnya.

Penulis berbagai manakib ini menyambut baik kedatangan Andin Sofyanoor bersama KH Najih dan KH Muhammad, sambil menambahkan cerita kenangan sewaktu belajar dan mengajar.

Tak lupa pula menunjukkan foto saat bersama KH Ahmad Zuhdianoor atau Tuan Guru Zuhdi dan Habib Luthfi.

Tuan Guru Syukri adalah sosok ulama cerdas dan bersahaja, yang akrab bersahabat dengan KH Muhammad Zaini bin Abdul Ghani (Guru Sekumpul).

Beliau dilahirkan di Desa Harus Sungai Malang Amuntai Tengah Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Senin 5 Oktober 1948.

“Sekarang sekitar usia 70-an, kurang lebih dengan Guru Khalil (KH Khalilurrahman),” kata beliau.

Tuan Guru Syukri Unus mengisyaratkan, Andin Sofyanoor cocok dan tepat meminta pendapat dan nasihat dari pasangannya, Guru Oton.

“Minta pendapat dengan Guru Oton,” ungkap beliau tampak ramah dan tawadhu. (dya/sir)

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: