Baznas

Sosialisasi Perda Penanggulangan Bencana di Sungai Tabuk

  • Bagikan
Ketua DPRD Kalsel H Supian HK (kiri) berada di Kecamatan Sungai Tabuk Kabupaten Banjar, Jumat (6/8/2021). (Sumber Foto: Humas DPRD Kalsel)

Ketua DPRD Kalsel Dr HC Supian HK SH MH sosialisasi Perda Penanggulangan Bencana, di Kecamatan Sungai Tabuk Kabupaten Banjar, Jumat (6/8/2021).

BANJAR,koranbanjar.net – Bencana alam banjir yang melanda hampir di seluruh kabupaten kota di provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) pada awal tahun 2021 yang lalu, menjadi sorotan Supian HK

Pasalnya sosialisasi Perda yang digelar kali ini oleh Supian HK, terkait Peraturan Daerah (Perda) nomor 6 tahun 2017, tentang penyelenggaraan penanggulangan bencana di provinsi Kalsel.

BACA:  Tim Trail Gubernur & Dishut Kalsel Touring ke Belangian sambil Lalukan ini

Politisi senior partai Golkar tersebut beranggapan, pemangku kebijakan di level provinsi, kabupaten sampai kecamatan, harus saking bersinergi untuk fokus pada upaya pencegahan.

“Supaya bencana yang pernah melanda di hampir seluruh kabupaten kota Kalsel tersebut tidak terulang kembali dimasa mendatang,” katanya.

Supian HK menambahkan, untuk skala kecamatan, upaya pencegahan bisa dilakukan dengan himbauan ke masyarakat permukiman, untuk membuat rumah dengan tipe rumah panggung.

“Agar air hujan yang turun bisa dialirkan dan diserap dengan baik,” imbuh Supian.

BACA:  Antisipasi Banjir, Ketua DPRD Kalsel Imbau Warga Bangun Rumah Panggung

Selain itu, penanaman pohon – pohon di area permukiman dapat membantu penyerapan, apabila debit air mulai meningkat.

Ditambah dengan normalisasi sungai – sungai yang ada di kecamatan Sungai tabuk, akan mengurangi resiko terjadinya bencana, ungkapnya.

Kecamatan Sungai Tabuk melalui camatnya, Ahmad Rabani AKS MSi mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada ketua DPRD Kalsel, karena sudah berkenan hadir di Sungai Tabuk.

Dirinya berjanji akan mensosialisasikan lebih jauh lagi, perda tentang penyelenggaraan penanggulangan bencana ini, kepada masyarakatnya di kecamatan Sungai Tabuk. (humasdprdkalsel/dya)

(Visited 5 times, 1 visits today)
  • Bagikan
(Visited 5 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *