Baznas

Sosialisasi Gernas Baku Terus Dilakukan, untuk Pelaksanaan ini..

  • Bagikan

BANJARBARU, KORANBANJAR.NET – Sebagai orang yang dipercaya untuk menyukseskan Gerakan Nasional Orang Tua Membacakan Buku (Gernas Baku) di Kota Banjarbaru, Bunda PAUD Kota Banjarbaru Ririen Kartika Rini terus bergilir mengadakan sosialisasi tentang Gernas Baku ke PAUD dan TK. Kali ini giliran ke Liang Anggang yakni bertempat di TK Swadaya Kelurahan Landasan Ulin Tengah, Kecamatan Liang Anggang, Kamis (05/04).

Hj Ririen Nadjmi Adhani didampingi Bunda PAUD Kecamatan Liang Anggang, Bunda PAUD Kelurahan se Kecamatan Liang Anggang. Turut berhadir, Camat Liang Anggang, Subli, Lurah Landasan Ulin Tengah, Anwar, Kepala TK Swadaya, Rusdiana S.Pd beserta jajaran dewan guru TK Swadaya dan para orangtua wali murid TK Swadaya.

Rusdiana S.Pd mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepada Hj Ririen Nadjmi Adhani yang bisa berhadir untuk memberikan sosialisasi Gernas Baku (Gerakan Nasional orang tua Membacakan Buku) di TK Swadaya Kelurahan Landasan Ulin Tengah.

Ririen mengatakan bahwa Gerakan Nasional Orang Tua Membaca Buku (GERNAS BAKU) kepada anak merupakan gerakan untuk mendukung inisiatif dan peran keluarga dalam meningkatkan minat baca anak melalui pembiasaan di rumah, di satuan pendidikan PAUD, dan di masyarakat. Sosialisasi tersebut dilaksanakan dalam rangka persiapan pelaksanaan pencanangan Gerakan Nasional Orang Tua Membacakan Buku, yang akan dilaksanakan pada tanggal 5 Mei 2018 mendatang.

“Untuk menumbuhkembangkan minat baca pada anak Indonesia, pemerintah berkolaborasi dengan penggiat peduli anak usia dini dengan melakukan gerakan nasional. Gerakan Nasional tersebut berupa, gerakan Nasional Orang Tua Membacakan Buku, yang akan dimulai pada tanggal 5 Mei 2018. Gerakan Nasional orang tua membacakan buku, merupakan gerakan yang dilakukan untuk mendapatkan dukungan dari masyarakat meliputi orang tua, warga sekolah, secara terorganisir. Semua itu dilakukan, guna menumbuhkan dan meningkatkan minat baca pada anak Indonesia,” ujarnya.

Ririen menambahkan, tujuan dari gerakan ini adalah untuk membiasakan orang tua membacakan buku bersama anak agar mempererat hubungan sosial, emosi antara anak dan orang tua, serta menumbuhkan minat baca anak sejak dini. Serta, saat di rumah diharapkan orang tua dapat belajar memahami kemampuan membaca, memahami teknik menarik minat baca, teknik membacakan dan yang sangat penting membiasakan membacakan buku dengan anak.

“Gernas Baku ini sangat penting, program tersebut diharapkan dapat menumbuhkan minat membaca pada anak, yang jauh lebih penting daripada anak dapat cepat membaca. Membaca untuk anak usia dini adalah kegiatan menceritakan gambar dan mengucapkan huruf yang dilakukan orang dewasa bersama anak,” ucapnya.

Ririen berharap dengan adanya Gernas Baku, masyarakat diajak untuk ikut serta dengan menyampaikan kepada warga di sekitar tempat tinggalnya agar bersama-sama mensukseskan program tersebut. Selain itu, Gernas Baku ini mempunyai tujuan yang sangat mulia, yang mana diharapkan bisa mewujudkan generasi muda yang mampu menggapai dunia dengan gemar membaca sejak usia dini.(humprobjb/ana)

  • Bagikan