Kab Hulu Sungai Selatan

Sore Tadi, Logistik Pemilu Tiba di Seluruh Pelosok Loksado

HULU SUNGAI SELATAN, KORANBANJAR.NET – Meski berjibaku dengan medan berat ditambah jauhnnya jarak perjalanan yang ditempuh, pendistribusian logistik ke seluruh daerah pelosok Loksado selesai pada hari ini, Selasa (16/4/2019) sore.

Pendistirbusian logistik dari Kecamatan Loksado tersebut dimulai dari siang tadi dengan menggunakan mobil pick up dan sejumlah motor.

Untuk logistik pemilu di tiga TPS Desa Haratai, langsung didistribusikan ke TPS masing-masing.

“Beruntung logistik tiba sebelum hujan turun, seandainya lebih dulu hujan maka jalan akan licin dan membahayakan,” ujar Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Dusun Kadayang Desa Haratai, Asto.

Seorang pendistribusi logistik pemilu dikawal anggota TNI. (foto: yat/koranbanjar.net)

Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Loksado, Gazali Rahman mengatakan sebagian banyak jumlah logistik telah diangkut menggunakan mobil pick up, tetapi untuk tujuh TPS dari tiga desa di wilayah Loksado hanya bisa diangkut dengan motor.

“Desa Haratai ada tiga TPS, Desa Kamawakan ada dua TPS, dan Desa Tumingki dua TPS. Untuk tiga TPS di Desa Haratai itu diangkut oleh sepuluh orang dengan sepuluh motor,” kata Jali kepada koranbanjar.net.

Dia memaparkan logistik yang sudah tiba ditujuan disimpan di kantor kepala desa masing-masing. Namun sebagian logistik lainnya ada yang langsung didistribusikan ke TPS masing-masing agar keamanannya dapat lebih terjaga.

Disinggung mengenai cara koordinasi dalam kondisi sinyal lemah yang akan dihadapi para petugas penyelenggara pemilu, Jali menjelaskan pihaknya akan berkoordinasi menggunakan telepon seluler di tempat-tempat yang ada sinyal telekomunikasi.

“Jika ada informasi penting yang harus segera disampaikan, kami menyarankan agar kawan-kawan di TPS dapat mencari lokasi yang ada sinyalnya,” terangnya.

Pantauan koranbanjar.net langsung, akibat beratnya meda dan jauhnya perjalanan yang ditempuh dengan menggunakan motor, pendistribusian logistik ke daerah pelosok Loksado itu mengakibatkan sebagian kotak suara pemilu penyok.

Salah satu kotak suara yang penyok. (foto: yat/koranbanjar.net)

Namun beruntung kerusakan ringan pada sejumlah kotak suara tersebut bisa dianulir saat pengiriman logistik tiba ke tujuan.

Saat dikonfirmasi koranbanjar.net melalui pesan Whatsapp terkait kerusakan ringan kotak suara tersebut, Ketua KPUD HSS, Nida Guslaili Rahmadina menegaskan bahwa pihaknya telah berjuang sekuat tenaga dalam melaksanakan tahapan demi tahapan pemilu sesuai mekanisme yang berlaku.

Nida menekankan kotak suara yang penyok saat didistribusikan merupakan insiden di luar kendali pihaknya.

“Kami tidak ada niat sama sekali untuk tidak serius, jadi jika ada kotak yang penyok itu di luar kendali kami karena kotak terbuat dari bahan karton. Selama segel masih aman dan masih tertutup, tidak masalah,” jawabnya.

Kendati demikian, secara keseluruhan pendistribusian ke semua TPS di wilayah Kecamatan Loksado berjalan aman dengan pengawalan keamanan dari petugas kepolisian bersama anggota TNI setempat yang termasuk dalam bagian PAM TPS. (yat/dny)

Tags

Tinggalkan Balasan

Close