SMK PPN Banjarbaru Gelar Upacara Peringati Hari Kesaktian Pancasila

oleh -60 views
SMK PPN Banjarbaru Gelar Upacara Peringati Hari Kesaktian Pancasila
Suasana Upacara Hari Kesaktian Pancasila di SMK PPN Banjarbaru. foto:smk/koranbanjar.net

BANJARBARU, koranbanjar.net – SMK PP Negeri Banjarbaru, sebagai sekolah dan juga instansi pemerintah ikut serta menggelar salah satu hari nasional yaitu upacara Hari Kesaktian Pancasila pada senin, (1/10/2019).

Upacara ini digelar di halaman upacara kampus dan diikuti semua pegawai dan siswa kelas X, XI dan XII, yang di mulai pukul 07.30 dan berlangsung dengan bendera berkibar sebelum upacara dilaksanakan, sebagai salah satu tata cara dalam peringatan Hari Kesaktian Pancasila.

Pada upacara kali ini sebagai petugas upacara ialah dari siswa SMK-PPP N Banjarbaru dan sebagai pembina upacara ialah Kepala Sekolah SMK PP N Banjarabaru Suherman.

Dipembukaan sambutan Kepala Sekolah menyampaikan bahwa, pada kesempatan kali ini kita memperingati hari kesaktian pancasil. Suatu hari dimana Pancasila itu pada 1 Oktober 1965 betul-betul memperlihatkan kesaktiannya.

“Oleh karena itu mari kita sama-sama tegakkan bahwa yang benar itu betul-betul benar adanya dan mudah-mudahan kita bisa melaksanakannya,” ucapnya..

Merujuk dari Pemerintah melalui panitia peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2019 bahwa tema peringatan kali ini adalah, ”Pancasila Sebagai Dasar Penguatan Karakter Menuju Indonesia Maju dan Bahagia”.

Melalui tema tersebut Suherman menjelaskan bahwa artinya, Pancasila itu sebagai penguat, dan kita SMK-PP N Banjarbaru, sudah mengedepankan bahwa dikita ini lebih di kedepankan pembentukan karakter., yang pertama bertanggung jawab, kedua jujur, ketiga disiplin, keempat bekerja keras/ulet dan kelima pantang menyerah.
“Maka. dihari Kesaktian Pancasila ini mari karakter kita ini kita perkuat dan saya berharap disini ada aturan dan harus dipatuhi oleh semua siswa yang mau belajar disini,” harapannya.

Perlu diketahui bahwa upacara ini dilaksanakan atas peristiwa G30S/PKI yang terjadi pada 30 September 1965, mengakibatkan enam Jenderal dan satu Kapten serta beberapa orang lainnya dibunuh oleh oknum-oknum yang digambarkan pemerintah sebagai upaya kudeta.

Sehingga pada masa pemerintah pada Orde Baru kemudian menetapkan tanggal 1 Oktober ditetapkan sebagai Hari Kesaktian Pancasila. Maka, demi memperingati kejadian tersebut, pemerintah mewajibkan untuk menggelar upacara peringatan hari kesaktian pancasila bagi sekolah dan instansi pemerintah.(wd/maf)

Jasa Karangan Bunga di Kalimantan Selatan