Siap-siap! US dan UKK Sebentar Lagi Dimulai

  • Bagikan
Persiapan US dan UKK bagi Siswa Kelas XII SMK PP Banjarbaru, saat dibahas di Ruang rapat SMK PP Banjarbaru, Selasa (2/3/2021). (Sumber foto: SMK PP Banjarbaru)

Ujian Sekolah (US) dan Ujian Kompetensi Keahlian (UKK) bagi Siswa Kelas XII di SMK PP Banjarbaru, dilaksanakan mulai 15 sampai 23 Maret 2021.

BANJARBARU, koranbanjar.net – Persiapan ini dibahas di Ruang rapat SMK PP Banjarbaru, Selasa (2/3/2021).

Wakil Kepala Sekolah (Wakasek) Kurikulum, Airin Nurmarita mengatakan, seluruh mata pelajaran Kelas XII akan diujikan secara daring.

“Jumlah soal yang diujikan sebanyak 40 soal pilihan ganda. Dalam sehari, akan ada 2 mata pelajaran,” paparnya.

Sedangkan untuk UKK, akan digelar pelatihan terlebih dahulu. Sesuai arahan dari Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Banjarbaru, UUK hanya akan ada lima siswa dalam satu asesor atau ujian.

“Rencananya, UKK dilaksanakan antara 29 Maret sampai 8 April 2021. Bagi Siswa Kelas XII di 3 Kompetensi Keahlian, yang ada di SMK-PP N Banjarbaru,” kata dia.

Diantaranya, Agribisnis Perkebunan (53 orang), Agibisnis Tanaman Pangan (40 orang) dan Hortikultura, serta Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian 19 orang).

Ujian ini direncanakan, bakal dilaksanakan di Lahan Praktek SMK PP Banjarbaru yang berada di wilayah Guntung LUA, H. Idak, Cempaka dan Guntung Payung.

Secara terpisah, Mentan Syahrul Yasin Limpo menuturkan, pertanian adalah sektor yang sangat penting. Terutama, dalam menopang kemajuan ekonomi nasional dan menanamkan nilai perjuangan. Membangun pertanian maju, mandiri dan modern.

Kepala BPPSDMP Kementan, Dedi Nursyamsi menambahkan, SDM menjadi hal utama untuk menjadi negara maju.

Oleh karena itu, perlu dilakukan pemantapan pendidikan vokasi pertanian. Mencetak lulusan yang berkualitas, baik sebagai job seeker, job creator maupun pengusaha pertanian milenial.

“Sementara, qualified job seeker adalah petani milenial yang terampil dan menguasai pekerjaannya. Bisa ditempatkan pada sektor dunia usaha dan industri pertanian,” pungkasnya. (SMK PP Banjarbaru)

NEWS STORY
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *