Septik Manja Inovasi Pemko Bagi Masyarakat Sehat

oleh -336 views
DIRESMIKAN - Peresmian Septik Manja di Kampung Pelangi Kelurahan Kemuning oleh Walikota Banjarbaru Nadjmi Adhani.

BANJARBARU,KORANBANJAR.NET – Kampung Pelangi sebagai Kampung Wisata di Kota Banjarbaru, kini semakin dipercantik. Si Septik Manja yang baru diresmikan Walikota Banjarbaru, Selasa (22/1/2019) tadi, membuat Kampung Pelangi makin cantik.

Si Septik Manja merupakan tangki septik skala komunal. Namun, ada yang berbeda dari tangki septik pada umumnya.

“Septik tank skala komunal ini kami beri nama Si Septik Manja. Fungsinya sendiri bukan hanya menampung kotoran saja, tapi bisa difungsikan untuk lainnya. Seperti perpustakaan, taman baca dan ruang terbuka untuk keluarga. Jadi, silakan datang ke Kampung Pelangi,” ucap Walikota Banjarbaru Nadjmi Adhani.

Selain di Kampung Pelangi di Kemuning, juga akan ada Si Septik Manja tersebar pada 17 Kelurahan di Kota Banjarbaru. Ada sekitar 162 unit, ditambah 60 unit dari tiga Kecamatan pada tahun sebelumnya.

“Satu septik tank itu dapat menampung tiga sampai lima keluarga yang menggunakan. Hingga persoalan kumuh dan sanitasi di wilayah Kota Banjarbaru dapat diatasi sedikit demi sedikit,” katanya.

Hal itu juga merupakan inovasi dari Pemko sendiri, dengan melibatkan para Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM).

“Agar memberikan pelayanan dalam kehidupan masyarakat Kota Banjarbaru yang sehat dan berkarakter,” sebutnya. (maf/humaspemkobjb)

Jasa Karangan Bunga di Kalimantan Selatan