oleh

Seminar Sinkronisasi Kebijakan Pertahanan Perkenalkan Kanwil Pertahanan

BANJARBARU,KORANBANJAR.NET – Sekretaris Daerah Kota Banjarbaru H Said Abdullah menghadiri acara Seminar Sinkronisasi Kebijakan Pertahanan Negara, yang dilaksanakan di Aula Gawi Sabarataan, Balaikota Kota Banjarbaru, Jumat (26/4/2019).

Tampak hadir dalam acara ini Kepala Kantor Wilayah Kementerian Pertahanan Kalimantan Selatan Kolonel Infanteri Benny Wahyudi, Komandan Satuan Brimobda beserta Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Provinsi Kalimantan Selatan, perwakilan organisasi-organisasi se Provinsi Kalimantan Selatan, serta seluruh tamu undangan yang berhadir.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Pertahanan Kalimantan Selatan Kolonel Infanteri Benny Wahyudi dalam sambutannya menyampaikan, peran daerah dalam aspek pertahanan negara sangat penting. Daerah dapat menjadi pintu masuk datangnnya ancaman nonmiliter yang bersifat multidimensi.

“Sehingga sangat perlunya sinkronisasi kebijakan pertahanan nonmiliter di daerah, yang memiliki kemampuan-kemampuan diantaranya kewaspadaan dini bela negara, ilmu pengetahuan dan tekhnologi ekonomi, sosial, moral serta dukungan pertahanan negara, untuk itu perlu adanya sinkronisasi kebijakan pertahanan negara antara pemerintah pusat dan daerah dalam kerangka pembinaan kesadaran bela negara,” ucapnya.

Pengelolaan sistem pertahanan negara dilaksanakan dengan mensinergikan dan mengintegrasikan pertahanan militer dan pertahanan nirmiliter secara fisik dan non fisik dalam kesatuan pertahanan dengan menyeimbangkan aspek keamanan dan kesejahteraan, perwujudan sinergitas ini diharapkan akan mampu meningkatkan efektifitas dan efesiensi koordinasi dalam penyelenggaraan pertahanan negara di seluruh wilayah NKRI.

Kementerian pertahanan selaku pengemban fungsi pemerintahan di bidang pertahanan harus berperan aktif mendorong terwujudnya sinergitas kemnterian/lembaga dan pemerintah daerah dalam mencapai tujuan negara,” sebutnya.

Sekretaris Daerah Kota Banjarbaru H Said Abdullah melalui sambutannya menyampaikan, seminar pada hari ini sekaligus memperkenalkan kepada masyarakat jika di Kota Banjarbaru ada terdapat Kanwil Pertahanan dan juga merupakan salah satu upaya tepat untuk memperketat kembali persatuan dan kesatuan masyarakat menjaga keamanan dan bermasyarakat.

“Sehingga mampu menimbulkan sikap cinta tanah air, bela negara, bermoral yang mengacu kepada ideologiPancasila, serta dukungan pertahanan negara. Dikarenakan pertahanan negara bukan hanya tanggung jawab TNI dan Polri namun juga seluruh elemen masyarakat harus terlibat didalamnya,” ujarnya.

Konsep arsitektur penyelenggaraan pertahanan negara dilaksanakan dengan sistem pertahanan semesta, sistem ini merupakan totalitas dari keseluruhan kekuatan komponen rakyat dan sumber daya negara, serta sarana dan prasarana nasional sebagai satu kesatuan pertahanan.

Dalam kesempatan ini, Sekretaris Daerah Kota Banjarbaru H Said Abdullah berkenan membuka secara resmi Seminar Sinkronisasi Kebijakan Pertahanan Negara.(maf/humaspemkobjb)

Komentar

Berita Terkini