oleh

Seminar Awam Bagi Para Diabetes Memaknai World Diabetes Day

BANJARBARU, koranbanjar.net – Ketua TP PKK Kota Banjarbaru Hj Ririen Adhani, didampingi Dr Nanang Miftah Fajari dan dr Taufik Rahmadi, saat menghadiri sekaligus membuka Acara Seminar Awam Bagi Para Diabetes, dalam rangka World Diabetes Day dengan mengangkat tema, Diet Sehat dan Nyaman Bagi Penderita Diabetes.

Kegiatan ini bertempat, di Aula Gawi Sabarataan Pemerintah Kota Banjarbaru. Nampak pengurus TP PKK, pengurus GOW, pengurus DWP Kota Banjarbaru serta undangan lainnya, Sabtu (16/11/2019).

Selaku Panitia, Dr Nanang Miftah Fajari menyampaikan, ucapan terima kasih kepada Pemerintah Kota Banjarbaru dan juga Ketua TP PKK Kota Banjarbaru yang telah memfasilitasi kegiatan World Diabetes Day.

“Kegiatan ini kita akan memberikan edukasi kepada bapak ibu sekalian, agar lebih paham, mengerti bagaimana cara mencegah dan mengobati, bila kita terkena gejala diabetes,” katanya.

Dirinya juga menjelaskan mengapa Pelaksanaan World Diabetes Day ini, di adakan hari ini.

“Harusnya kan tanggal 14 November 2019, kenapa kita melaksanakan hari ini? karena pas hari libur,” ujarnya.

Ririen menyampaikan, Diabetes Melitus (DM) merupakan penyakit kronik yang jumlah kasusnya terus mengalami peningkatan di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Secara umum dikenal dua macam diabetes melitus, yaitu DM tipe 1 dan DM tipe 2.

“DM tipe 1 sering kali menyerang anak-anak dan remaja, sedangkan tipe 2, seringkali menyerang usia dewasa lebih dari 40 tahun. Kini diabetes bukan lagi menjadi musuh orang dewasa, melainkan juga anak anak,” terangnya.

Ririen menambahkan, sewaktu masa dahulu, anak-anak bebas bermain di luar rumah entah itu bersepeda, main layangan dan lain-lainnya, sehingga lebih banyak bergerak dan beraktivitas di luar rumah.

“sekarang anak-anak lebih suka bermain gawai ketimbang bermain di luar rumah, sehingga tidak banyak bergerak dan juga beraktivitas dan juga sering makan, makanan yang siap saji, sehingga memudahkan anak cepat terkena gejala diabetes,” paparnya.

Diadakannya kegiatan pada hari ini, diharapkan dapat memberikan pengertian, serta memberikan kemudahan diet yang sehat dan nyaman bagi para penderita diabetes. (mj-27/dya)

Komentar

Jangan Lewatkan