oleh

Seluruh SKPD Banjar Siap Layani Jamaah Haul, Kemenag Banjar Tak Mau Ketinggalan

MARTAPURA, koranbanjar.net – Hampir semua Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kabupaten Banjar siap layani jamaah Haul ke-15 Abah Guru Sekumpul. Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Banjar pun tidak mau ketinggalan untuk memberikan pelayanan kepada jamaah haul.

Berbagai SKPD ada yang menjadikan kantornya sebagai penginapan, ada menyediakan tandon, dan ada juga relawan kebersihan. Itu semua dilakukan untuk menyukseskan acara haul terbesar di Kalimantan Selatan.

Dalam hal ini, Kemenag Banjar pun tidak mau ketinggalan. Menurut Kasubbag Tata Usaha (TU) Kemenag Banjar, Imam Ghozali, Kemenag Banjar membuat 2 WC Umum dan tempat wudhu bagi jamaah haul.

“Kedua fasilitas ini sangat penting bagi jamaah, beranjak dari haul tahun sebelumnya, di sekitar Kemenag Banjar tidak disediakan wc umum dan tempat wudhu, sehingga menyulitkan jamaah untuk buang air kecil,” terangnya, Rabu (26/2/2020).

Selain fasilitas tersebut, saat ini Kemenag Banjar juga telah membuat Mushala yang dapat menampung 40 jamaah.

“Selain digunakan untuk beribadah, Musala juga dapat digunakan untuk tempat beristirahat atau bermalam bagi jamaah pada saat selesai haul,” tambah Imam Ghozali.

Ia menambahkan, pihaknya juga akan menyediakan konsumsi berupa nasi bungkus sekitar 750 – 1000 bungkus yang akan dibagikan di sekitar Kemenag Banjar.

“Tahun lalu kami menyediakan 500 bungkus, tetapi karena tahun ini diperkirakan jamaah akan meningkat jadi kami juga menambah konsumsi,” ucap Kasubbag TU Kemenag Banjar.

Untuk konsumsi, ucap Imam Ghozali, dananya berasal dari swadaya para karyawan Kemenag Banjar.

“Selain itu, para karyawan di sini juga akan berpartisipasi menjadi relawan kebersihan,” pungkasnya. (har/dya)

Komentar

Jangan Lewatkan