Tak Berkategori  

Santriwati Ponpes Darul Ilmi Rayakan Kemerdekaan dengan Tradisi ini

BANJARBARU, KORANBANJAR.NET – Santriwati Pondok Pesantren Darul Ilmi melakukan long march di Makam Pahlawan Brigjen H. Hasan Basry, Liang Anggang, Banjarbaru, Jumat (17/08). Tradisi ini telah mereka lakukan dalam beberapa tahun terakhir.

Dari pantauan koranbanjar.net, saat sang surya baru muncul dari ufuk timur, para santriwati ini terlihat sudah siap melakukan long march atau berjalan kaki menuju Makam Pahlawan Brigjen H. Hasan Basri.

Sesampainya di makam, mereka bershalawat dan mendoakan kepada pahlawan yang gugur dalam memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia.

Brigjen H. Hasan Basri adalah seorang tokoh militer dan pahlawan nasional yang lahir di Kandangan, Hulu Sungai Selatan pada tanggal 17 Juni 1923. Beliau wafat di Jakarta, 15 juli 1984 pada usia 61 tahun dan di makamkan di Bundaran Liang Anggang, Kota Banjarbaru.

“Kami menggunakan berbagai macam pakaian adat Banjar dengan atribut lambang kenegaraan merah putih yang menempel di pipi para santri, dan tradisi ini sudah tiap tahunnya kami lakukan, demi mengenang para pahlawan kita,” ujar salah satu santriwati bernama Siti.(slm/ahm/ana)