Rumah Rofani Reyot Kini Sudah Dibedah

oleh -99 views
Rumah Rofani Reyot Kini Sudah Dibedah
Ketua Baznas Kabupaten Banjar M Yusran Ya'cub saat menyerahkan kunci rumah bedah kepada M Rofani, warga Desa Pasar Jati, Kecamatan Astambul. (foto: mc kominfo banjar)

MARTAPURA, koranbanjar.net – Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Banjar menyerahkan kunci rumah yang sudah dibedah kepada salah satu warga kurang mampu di Desa Pasar Jati, Kecamatan Astambul, Kabupaten Banjar.

Jika dulunya rumah Muhammad Rofani (55) yang ia huni bersama istri dan satu anaknya itu reyot dengan atap bolong-bolong, kini hal itu tak lagi ia rasakan.

Ia tampak bekaca-kaca saat menerima kunci rumah yang diserahkan oleh Ketua Baznas Kabupaten Banjar, H Yusran Ya’cub, Kamis (31/10/2019). Warga Desa Pasar Jati itu pun tak henti-henti mengucapkan alhamdulillah dan syukur.

Rumah Rofani Reyot Kini Sudah Dibedah

Dia juga menyatakan terima kasih kepada Baznas, pemerintah desa, kecamatan, polsek dan koramil Astambul yang telah membantu melakukan bedah rumah miliknya.

“Alhamdulillah, senang sekali Pak. Terima kasih banyak, semoga apa yang bapak-bapak lakukan ini mendapat balasan pahala yang besar dari Allah SWT,” ujar buruh tani ini, saat disalami Kasi Trantib Kecamatan Astambul, M. Hamdani.

M. Rofani merupakan salah seorang warga tak mampu di Kabupaten Banjar yang menerima bantuan bedah rumah dari Baznas Kabupaten Banjar.

Rumah reyotnya yang dulunya bolong-bolong baik pada dinding maupun atap rumah dan tembus air ketika hujan, kini sudah berdiri kokoh dan cantik.

Ketua Baznas Kabupaten Banjar, H Yusran Ya’cub saat menyerahkan kunci rumah menjelaskan, bantuan untuk bedah rukah M. Rofani berasal dari dana Baznas Kabupaten Banjar. Dana hasil infak dan sodaqoh yang dikumpulkan oleh Baznas Banjar, disalurkan kepada warga tak mampu yang membutuhkan bantuan.

“Alhamdulillah, saat ini rehab total rumah Bapak M Rofani sudah selesai. Padahal kami hanya bisa memberikan bantuan Rp15 juta untuk rumah ukuran 4 x 6 meter, namun rumah yang dibangun ternyata bisa cukup besar yakni 4 x 8 meter ditambah dengan dapur dan ada WC nya. Ini berkat bantuan dari semua pihak,” ujarnya.

Menurut Pj Kepala Desa Pasar Jati Arifan Hatna, pembangunan rumah Rofani juga dibantu oleh Koramil dan Polsek Astambul, serta warga setempat, sehingga bisa dibangun lebih besar.

“Bahkan Koramil Astambul juga membuatkan WC, sehingga penghuni tak lagi buang hajat ke sungai,” jelasnya.

Sedangkan Sekretaris Kecamatan Astambul, H Yuda Riswanor berterima kasih kepada Baznas Banjar, Koramil dan Polsek Astambul yang telah membantu warganya sehingga memiliki rumah layak huni.

“Kita meminta kepada Pak Rofani agar bisa memlihara dan merawat rumah ini dengan baik,” harapnya. (dra)

Jasa Karangan Bunga di Kalimantan Selatan