oleh

RTH Kijau Mas Menjadi Kawasan Multi Fungsi

TANAH LAUT – Taman Ruang Terbuka Hijau (RTH) Kijang Mas Permai Pelaihari merupakan salah satu fasilitas publik yang disediakan Pemerintah Kabupaten Tanah Laut yang memiliki banyak fungsi, baik secara ekologi maupun sosial.

Bagi lingkungan, taman kota memiliki peran sebagai areal resapan yang dapat menampung air dari hujan. Selain itu pohon yang berada di sekitar kawasan tersebut juga berperan sebagai penyeimbang tingginya kadar polusi udara dari kendaraan.

Secara sosial taman kota memiliki peran sebagai salah satu tempat masyarakat berekreasi bersama keluarga dengan biaya murah. Selain itu juga dapat berolahraga seperti lari dan senam.

Taman Ruang Terbuka Hijau (RTH) Kijang Mas Permai Pelaihari akhir-akhir ini ramai dikunjungi warga Setiap minggu pagi. Beragam kuliner makanan dan minuman juga banyak dijajakan peĀ­dagang di situ.

Kegiatan ini tambah semarak dengan dilaksanakannya senam pagi dan Pasar Tani yang diselenggarakan Dinas Tanaman pangan Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Tanah Laut.

Beberapa komunitas juga mengadakan berbagai kegiatan. Seperti Komunitas Warga Tala Peduli yang mengenakan costum cosplay mengadakan kegiatan aksi sosial untuk membantu warga yang sakit, Ilmi (warga Kecamatan Pelaihari) Penderita Kanker Getah Bening dan Ikang (warga Kecamatan Bati-Bati) Penderita Kanker Hati.

Seorang anggota Komunitas Warga Tala Peduli, Yana mengatakan, kegiatan aksi sosial ini bertujuan membantu warga yang terkena musibah.

Lebih lanjut, Yana mengharapkan, warga Tanah Laut dapat memberikan sumbangan sukarela kepada warga yang terkena musibah melalui kegiatan sosial yang digelar oleh Komunitas Warga Tala Peduli setiap minggu pagi di RTH Kijang Mas Permai Pelaihari.(daj)

Dari Rubrik Pilihan: