RSD Idaman Kota Banjarbaru Memiliki Layanan Patologi Klinik

RSD Idaman Kota Banjarbaru mempunyai layanan patologi anatomi dan patologi klinik. (Sumber Foto: koranbanjar.net)

Instalasi layanan patologi klinik sebagai fasilitas yang melayani pemeriksaan penunjang medis untuk mengetahui dan mendiagnosa suatu penyakit tertentu, serta memonitoring status kesehatan pasien dan mendukung pelayanan IGD 24 Jam di RSD Idaman Kota Banjarbaru.

BANJARBARU, koranbanjar.netPatologi merupakan cabang bidang kedokteran yang berkaitan dengan ciri-ciri dan perkembangan penyakit melalui analisis perubahan fungsi atau keadaan bagian tubuh.

Secara umum ada 2 jenis ilmu patologi, yaitu patologi anatomi dan patologi klinik.

Di Indonesia, dokter spesialis yang mendalami bidang ini disebut dokter spesialis patologi anatomi (SpPA) dan dokter spesialis patologi klinik (SpPK).

Berbeda dengan patologi anatomi yang mendeteksi penyakit melalui pemeriksaan jaringan atau organ tubuh, patologi klinik lebih lebih fokus pada pemeriksaan sampel cairan tubuh

Pemeriksaan patologi klinik dilakukan oleh dokter spesialis patologi klinik, untuk memeriksa cairan tubuh manusia, meliputi darah, urin, tinja, cairan otak, cairan pleura, cairan sendi, sputum dan sperma.

Pelayanan patologi klinik meliputi pemeriksaan Hematologi, Hemostasis, Kimia Klinik, Immunoserologi dan Mikrobiologi.

Adapun layanan laboratorium patologi klinik di RSD Idaman Kota Banjarbaru melayani paket pemeriksaan antara lain:

  • Paket General Check Up
  • Pemeriksaan Hematologi Klinik
  • Pemeriksaan Kimia Klinik (chemical chemistry)
  • Pemeriksaan Bebas Narkoba
  • Pemeriksaan Mikrobiologi TB (tuberkolusis)

Laboratorium RSD Idaman Kota Banjarbaru dilengkapi alat-alat laboratorium yang canggih, antara lain Urine Auto Analyzer, Chemistry Auto Analyzer, Hematology, Immunochemistry Auto Analyzer, HB Immunochemistry Auto Analyzer, dan lain-lain. (dya)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *