Baznas

Ribuan Jemaah Padati Haul ke 25 Syekh Muhammad Nur Takisung, Dzuriat Sampaikan Pesan Ini…

- Tak Berkategori
  • Bagikan

TAKISUNG – Ribuan jemaah dari berbagai penjuru kota, baik dari Kalimantan maupun Pulau Jawa telah membanjiri kegiatan Haul ke 25 Syekh Mursyid Thoriqat Nuqsabandiyah Sadzaliyah Qodariyah, KH Muhammad Nur bin Syekh Ibrahim Khaurani, Sabtu (malam Minggu), 10 Februari 2018, tadi di Kediaman dan Kubah Takisung.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, rangkaian acara haul diawali dengan melaksanakan sholat magrib berjamaah, kemudian dilanjutkan dengan sholat taubat berjamaah serta dzikir berjamaah yang langsung dipimpin dzuriat pertama KH Muhammad Nur, yakni Al Hajj Syaifuddin bin KH Muhammad Nur.

Kemudian, kegiatan dilanjutkan dengan pembacaan Manaqib KH Muhammad Nur, tentang perjalanan menuntut ilmu, menyebarkan ajaran thoriqot hingga wafat. Rangkaian acara selanjutnya sholat isya berjamaah, diteruskan dengan pembacaan tahlil, sholawat hingga doa.

Meski kegiatan haul kali ini sempat diwarnai hujan sebentar, namun tidak membuat jemaah beranjak dari kegiatan. Sebaliknya, para jemaah semakin khusyuk mendengarkan manaqib maupun nasihat dari para dzuriat Syekh Muhammad Nur Takisung.

Adapun salah satu pesan yang sempat disampaikan dzuriat pertama Syekh Muhammad Nur Takisung, yakni Al Hajj Saifuddin, sebelum memulai dzikir berjamaah, dia meminta kepada para jemaah yang hadir, seandainya ada pihak-pihak tertentu yang mengatasnamakan ayahndanya, Syekh Muhammad Nur, untuk mengijazahkan Thoriqat Nuqsabandiyah Sadzaliyah Qodariyah, maka hal tersebut dapat diabaikan.

“Kalau ada orang yang mengaku-ngaku atau mengatasnamakan ayahnda kami untuk memberikan ijazah thoriqot dari sini, itu bohong besar. Karena ayahnda kami tidak pernah mengizinkan siapa pun untuk mengijazahkan thoriqat ini,” ungkap Al Hajj Saifuddin mewanti-wanti.

Kendati kegiatan haul berlangsung sederhana, namun sempat mendapat perhatian Bupati Tanah Laut, Bambang Alamsyah untuk berhadir bersama rombongan.

Di akhir kegiatan, dzuriat kedua Syekh Muhammad Nur Takisung, yakni Al Hajj Abdul Hamid menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran para jemaah yang datang atas dasar kecintaan kepada ayahndanya, Syekh Muhammad Nur.

“Ulun mewakili keluarga besar ayahnda Muhammad Nur mengucapkan terima kasih atas dukungan semua pihak, baik dukungan tenaga, pikiran, pendanaan maupun sumbangan lainnya, sehingga acara haul ini dapat terlaksana dengan lancar. Kami juga menghaturkan permohonan maaf jika terdapat kekurangan dan kesalahan dalam melayani para jemaah yang berhadir. Mudah-mudahan dukungan semua pihak mendapatkan balasan dari Allah Swt,” pungkasnya.(sir)

  • Bagikan