Baznas

Ratusan Demonstran ingin menduduki Mako Lanal Kotabaru

- Tak Berkategori
  • Bagikan

KOTABARU, koranbanjar.net – Ratusan demonstran tiba-tiba mengamuk di Markas Komando (Mako) TNI Angkatan Laut (Lanal) Kotabaru, Sabtu (3/3).

Sontak, ratusan Prajurit Lanal dikerahkan untuk menghadang demonstrasi yang berujung anarkis di gerbang Mako Lanal Kotabar.

Padahal, awalnya beberapa anggota Lanal Kotabaru mencoba melakukan upaya persuasif untuk menenangkan massa yang anarkis.

Namun, para pendemo tetap bersikeras untuk berusaha menduduki Mako Lanal Kotabaru.

Tak ada cara lain, Tim Pasukan Anti Huru-Hara (PHH) Lanal pun diturunkan.

“Tim PHH ini terpaksa diturunkan dengan pakaian anti huru-hara lengkap karena kami pun harus mengamankan pangkalan kami” ujar Komandan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Kotabaru, Letkol Laut (E) Joko Andriyanto.

Bentrok dengan PHH pun tak dapat dihindari karena para demonstran tetap bersikeras ingin memasuaki Mako Lanal Kotabaru.

Bentrok dengan ratusan pendemo pun tak bisa dihindari lagi. Sekitar 180 Prajurit Lanal Kotabaru dibantu unsur pengamanan lainnya berupaya mengamankan situasi.

Keadaan pun semakin memanas, para pendemo menjadi semakin liar. Pasukan Lanal Kotabaru terpaksa bertindak tegas dengan memberikan tembakan peringatan serta tembakan dari water canon untuk membubarkan para pendemo yang semakin anarkis.

Di sela ketegangan itu, Letkol Laut Joko Andriyanto menyampaikan, perlu beberapa waktu hingga situasi bisa dikendalikan untuk mendesak mundur dan membubarkan diri para pendemo.

Letkol Laut Joko Andriyanto menjelaskan, pengamanan Pangkalan TNI AL Kotabaru dilakukan sebagai bentuk kesiapan personel dalam melakukan pengamanan Pangkalan TNI AL.

“Latihan simulasi gladi tugas tempur (Glagaspur) itu kita lakukan untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan,” ungkapnya. (dam/dny/iah)

  • Bagikan