Baznas

Hari Peduli Sampah 2018, Ririen Ajak Pengurus TP PKK untuk Lakukan ini..

- Tak Berkategori
  • Bagikan

BANJARBARU, koranbanjar.net – Dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah tahun 2018, Ketua TP PKK Kota Banjarbaru Hj. Ririen Nadjmi Adhani dan Wakil Ketua I TP PKK Kota Banjarbaru Hj. Eny Apriyati Darmawan Jaya serta Pengurus TP PKK Kota  mengadakan kegiatan “babarasih” sampah di sekitar Sekretariat PKK Kota Banjarbaru Jalan Taman Gembira Barat, Banjarbaru, Sabtu (03/03) lalu.

Tak tanggung-tanggung hasil dari kegiatan “babarasih” ini berhasil memungut sekitar 25 kg sampah.

Ririen menyampaikan bahwa Hari Peduli Sampah bisa dijadikan momentum untuk membangun kesadaran kolektif tentang pentingnya prinsip 3R yaitu Reduce, Reuse dan Recycle dalam pengelolaan sampah.

“Dimana ada beberapa gerakan mengatasi sampah yang dicanangkan di Indonesia, di antaranya adalah gerakan 3R dan bank sampah. Dengan adanya bank sampah itu, yang diutamakan adalah rakyat lebih peduli lingkungan, tidak lagi membuang sampah sembarangan dan mendapat manfaat dari sampah karena memiliki nilai ekonomis,” ujarnya.

Kota Banjarbaru sendiri sampai dengan saat ini telah terbentuk ± 100 unit bank sampah yang merupakan binaan dari Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjarbaru yang diharapkan dapat mengatasi permasalahan sampah yang ada di Kota Banjarbaru.

Hari Peduli Sampah kini menjadi gerakan nasional. Tema yang diangkat pada hari peduli sampah 2018 adalah “Sayangi Bumi, Bersihkan dari Sampah”. Harapannya, seluruh jajaran pemerintah, masyarakat, dunia usaha, dan komunitas dapat bersama melakukan pembersihan sampah dengan pola tiga bulan bersih sampah.

Ririen juga berharap para Pengurus TP PKK Kota dapat mengajak masyarakat sekitar tempat tinggalnya untuk menjadi bagian dari Gerakan Indonesia Bebas Sampah 2020.

“Dengan memaknai Hari Peduli Sampah Nasional 2018, mari lakukan aksi nyata di lingkungan kita masing-masing. Karena dengan kita peduli sampah, tidak hanya lingkungan kita yang akan tampil lebih baik namun kualitas kesehatan kita pun tentunya akan meningkat,” pungkasnya.(humprobjb/ana/kie)

  • Bagikan