Pustekkom Prioritaskan Tiga Program di Rakornas TIK

oleh -192 views
Peluncuran program Duta Rumah Belajar dan program Anugerah Ki Hajar saat pembukaan Rakornas TIK, Banjarbaru, Senin (18/3). (foto: ykw/koranbanjar.net)

BANJARBARU, KORANBANJAR.NET – Pusat Teknologi Informasi Komunikasi Pendidikan dan Kebudayaan (Pustekkom) dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), mensinergikan program-program yang ada di Pustekkom dengan program prioritas TV Edukasi, Rumah Belajar, dan program Suara Edukasi.

Upaya sinergitas dilaksanakan melalui Rapat Kerja Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi (Rakornas TIK) di Novotel, Banjarbaru, Senin (18/3/2019).

“Rakornas TIK ini untuk mensinergikan program-program yang ada di Pustekkom. Program prioritas kami adalah televisi pendidikan, namanya TV Edukasi. Program prioritas Pustekkom berikutnya ada program Rumah Belajar dan Suara Edukasi. Ini yang kita sinergikan dengan teman-teman Balai Pustekkom di seluruh Indonesia,” ujar Kepala Pustekkom Pendidikan dan Kebudayaan, Gatot Suharwoto, di sela pembukaan Rakornas TIK, Senin malam.

Kepala Pustekkom Pendidikan dan Kebudayaan, Gatot Suharwoto. (foto: ykw/koranbanjar.net)

TV Edukasi, dijelaskan Gatot, di antaranya menayangkan kuis Ki Hajar yang dilaksanakan secara berjenjang hingga tingkat nasional, pemilihan Duta Belajar, serta penganugerahan bagi kepala daerah yang memiliki dedikasi dalam memajukan TIK.

“Kuis Ki Hajar itu diadakan untuk para siswa, pelaksanaannya dilakukan secara berjenjang dari tingkat kabupaten/kota hingga provinsi. Juara masing-masing dearah akan kita undang ke tingkat nasional di Jakarta. Tahun kemarin total hadiahnya Rp 300 juta,” jelasnya.

Rakornas TIK yang dilaksanakan dari 18 hingga 21 Maret itu di antaranya membahas tentang penguatan TV Edukasi, pelaksanaan kuis Ki Hajar, serta pemberian materi dari staf khusus Kemendikbud, Net TV, dan narasumber dari Duta Rumah Belajar Kalsel.

Tiga program prioritas Pustekkom Kemendikbud tersebut ditujukan untuk menyebarkan informasi di bidang pendidikan yang dapat berguna sebagai media pembelajaran masyarakat, khususnya bagi siswa dan para guru sekolah, agar peningkatan penyelenggaraan pendidikan dapat lebih ditingkatkan. (ykw/dny)

Jasa Karangan Bunga di Kalimantan Selatan