oleh

Program Gratis Pemeriksaan Mata Di Tabalong

TANJUNG, koranbanjar.net – Program pemeriksaan mata yang dilayani secara gratis selalu diadakan setiap tahunnya. Rabu (7/8/2019), bertempat di Puskesmas Kelua kembali mengadakan pemeriksaan mata dari program Yayasan Adaro Bangun Negeri kepada Pusat Kesehatan Masyarakat (PKM) Kelua.

Program ini bekerjasama dengan Dinas Kesehatan, Puskesmas, dan PT Adaro Indonesia itu sendiri dalam bidang pelayanan kesehatan.

Pihak Puskesmas mengungkapkan sekitar tujuh puluh orang yang di periksa, enam belas orang yang siap untuk di operasi mata kataraknya, satu orang dengan pterygeum atau disebut selaput merah muda di mata, dan sisanya adalah penyakit katarak yang belum matang dan penyakit mata lainnya.

“Program ini bertujuan untuk memberikan pelayanan pemeriksaan mata gratis dan bagi pasien yang diperiksa matanya ternyata dinyatakan katarak dan sudah harus dioperasi akan ditindak lanjuti dengan operasi katarak gratis,” tutur Dokter Ony Erawati, Kepala Puskesmas Kelua.

Jadwal operasi katarak diagendakan tanggal 17 Agustus 2019 mendatang di Puskesmas Tanta, dan tindakan ini tanpa dipungut biaya alias gratis.

Dampak ketika katarak semakin tebal dan tidak segera dioperasi, penglihatan yang kabur akan semakin terasa dan dibiarkan terlalu lama itulah yang sering mengakibatkan kebutaan dan ujung-ujungnya juga tetap harus dioperasi katarak. (mj-26/dya)

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: