Profil Haji Isam, Crazy Rich Kalimantan Selatan dan Sumber Kekayaannya

  • Bagikan
Haji Isam atau Syamsudin Andi Arsyad, pengusaha batu bara, Crazy Rich Kalimantan Selatan (instagram/lianajhonlin12)
Haji Isam atau Syamsudin Andi Arsyad, pengusaha batu bara, Crazy Rich Kalimantan Selatan (instagram/lianajhonlin12)

Profil Haji Isam tengah ramai dibicarakan publik. Pengusaha di Kalimantan Selatan ini, memiliki pabrik biodiesel yang diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 21 Oktober 2021 kemarin.

TANBU, Koranbanjar.net – Siapa Haji Isam sebenarnya sampai Presiden Joko Widodo bersedia meresmikan pabrik miliknya? Simak profil Haji Isam yang disusun Suara.com jaringan koranbanjar.net berikut ini.

Latar Belakang dan Profil Haji Isam

Haji Isam adalah pengusaha batu bara di Batu Licin, Kabupaten Tanah Tumbu, Kalimantan Selatan. Kesuksesannya membangun kerajaan bisnis, membuat pria pemilik nama lengkap Syamsudin Andi Arsyad ini dijuluki Crazy Rich Kalimantan Selatan.

Diketahui, Haji Isam lahir pada 1 Januari 1977. Meskipun membangun usaha di Kalimantan Selatan, namun ternyata Haji Isam bukanlah putra Pulau Borneo. Haji Isam berasal dari Bone, Sulawesi Selatan.

Selain terkenal karena kekayaan dan bisnisnya, keluarga Haji Isam juga diketahui publik lantaran rajin berpartisipasi dalam dunia balap mobil, khususnya rally. Haji Isam diketahui hobi dengan off road.

Minat pada dunia balap ini menurun kepada anak-anaknya, yaitu Liana Jhonlin (Liana Saputra) dan Joni Saputra. Sementara itu, Haji Isam diketahui memiliki istri bernama Nursam Jhonlin.

Sumber Kekayaan Haji Isam

Sosok Haji Isam atau Syamsudin Andi Arsyad, Crazy Rich Kalimantan Selatan (instagram/lianajhonlin12)
Sosok Haji Isam atau Syamsudin Andi Arsyad, Crazy Rich Kalimantan Selatan (instagram/lianajhonlin12)

Selain di bidang batu baru, perusahaannya juga bergerak di berbagai bidang lainnya. Tidak ada sumber terbuka yang menyebutkan berapa total harta kekayaan Haji Isam. Hanya saja, ramai diberitakan, konon katanya penghasilan Haji Isam per bulan mencapai Rp 40 miliar.

Sebelum sukses menjadi seorang pengusaha, Haji Isam diketahui pernah menjadi pekerja perkayuan, tukang tebang, buruh muat, dan sopir angkutan, bahkan pernah menjadi tukang ojek.

Haji Isam memulai usahanya dari nol hingga akhirnya sukses. Dirinya mengawali terjun ke bisnis batubara nyaris hanya modal dengkul. Berawal saat dirinya ikut di sebuah perusahaan milik seorang pengusaha Batubara keturunan Tionghoa-Surabaya. Pengusaha itulah yang akhirnya mengenalkannya dengan usaha batu bara.

Setelah keluar dari perusahaan tersebut Haji Isam mencoba usaha ini. Kini, Haji Isam telah membangun kerajaan bisnis lewat PT Jholin Grup yaitu PT Jhonlin Baratama, PT Jhonlin Marine and Shipping, dan juga PT Jhonlin Air Transport.

Aksi Haji Isam yang Viral

Sosok Haji Isam atau Syamsudin Andi Arsyad, Crazy Rich Kalimantan Selatan (instagram/lianajhonlin12)
Sosok Haji Isam atau Syamsudin Andi Arsyad, Crazy Rich Kalimantan Selatan (instagram/lianajhonlin12)

Sebelumnya, Haji Isam juga sempat menjadi sorotan publik karena terseret dalam pusaran korupsi pejabat pajak. Haji Isam diduga ‘bermain mata’ dengan pejabat pajak yang berkaitan dengan nilai pajak perusahaannya.

Sosok Haji Isam juga pernah viral setelah lamaran anaknya dibuat dengan sangat mewah. Sang anak, Liana Jhonlin, saat itu dilamar pada 1 Januari 2020.

Acara lamaran dilangsungkan secara mewah di rumahnya di Banjarmasin, Kalsel. Acara itu diisi oleh artis papan atas Indonesia, bahkan pengisi acara dijemput menggunakan jet pribadi.

Pabrik Milik Haji Isam Diresmikan Presiden Jokowi

Diketahui, Presiden Jokowi telah meresmikan pabrik biodiesel PT Jhonlin Agro Raya (JAR) di Kalimantan Selatan. Pabrik tersebut memiliki kapasitas 1.500 ton perhari, dengan nilai investasi pabrik tersebut yang diperkirakan sebesar Rp 2 triliun.

“Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, hari ini saya resmikan pabrik biodiesel PT Jhonlin Argo Raya di Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan,” ujar Presiden Jokowi dalam acara peresmian yang ditayangkan secara virtual, Kamis (21/10/2021).

Seperti itulah profil Haji Isam Crazy Rich Kalimantan Selatan dan sumber kekayaannya. (Suara/Rishna Maulina Pratama)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *