Pomnas ke-XVIII 2023 Cabang Karateka, Paman Birin: Tunjukkan Kemampuan Terbaik

Gubernur Kalsel, H. Sahbirin Noor atau Paman Birin motivasi para atlet Cabang Olahraga Karate pada Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNas) ke-XVIII Tahun 2023 di Gedung Olah Raga (GOR) Rudy Resnawan Banjarbaru, Minggu (19/11/2023) pagi. (Sumber Foto: Adpim Setdaprov Kalsel/koranbanjar.net)

Gubernur Kalsel, H. Sahbirin Noor atau Paman Birin memberikan motivasi kepada para atlet yang berlaga pada Cabang Olahraga Karate pada Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNas) ke-XVIII Tahun 2023 di Gedung Olah Raga (GOR) Rudy Resnawan Banjarbaru, Minggu (19/11/2023) pagi.

BANJARBARU, koranbanjar.net – Paman Birin yang juga menjabat Ketua Umum Federasi Olahraga Karate-do Indonesia (FORKI) Kalsel, sebelumnya secara resmi membuka Pomnas cabang karate.

Pembukaan Cabor Karate dihadiri Rektor ULM, Prof. Dr. Ahmad Alim Bachri, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan ULM, Dr. Muhamad Rusmin Nuryadin, Staf Khusus Gubernur, Rizal Akbar, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Kalsel, Nurul Fajar Desira.

Tampak juga H. Sandi Fitrian Noor, ketua pelaksana serta diikuti 264 atlet dari 32 Provinsi dan 17 perguruan tinggi di Indonesia.

Paman Birin menyampaikan sambutan hangat kepada seluruh atlet karateka yang datang dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

“Selamat datang kepada para atlet karateka yang datang ke sini dengan penuh semangat dan rasa percaya diri, untuk bertanding demi meraih prestasi dan mengukir sejarah di Bumi Lambung Mangkurat, Kalsel Babussalam,” ujar Paman Birin.

Gubernur dua periode ini juga menyampaikan rasa bangga dan bahagianya karena Kalsel dipercayai menjadi tuan rumah pelaksanaan Pomnas XVIII Tahun 2023.

“Kalsel dipercayai untuk menjadi tuan rumah pelaksanaan Pomnas, sebuah ajang olahraga multi-event terbesar bagi mahasiswa di nusantara,” terang Paman Birin.

Paman Birin menyoroti fakta bahwa sejumlah besar peserta merupakan atlet profesional. Oleh karena itu, Pomnas bukan sekadar kejuaraan antar mahasiswa, melainkan sebuah kejuaraan olahraga profesional.

Para atlet yang berlaga pada Cabang Olahraga Karate pada Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNas) ke-XVIII Tahun 2023 di Gedung Olah Raga (GOR) Rudy Resnawan Banjarbaru, Minggu (19/11/2023) pagi. (Sumber Foto: Adpim Setdaprov Kalsel/koranbanjar.net)

Menurut Paman Birin, gelaran Pomnas ini sebagai peluang besar bagi seluruh atlet untuk menunjukkan kemampuan terbaik.

Untuk itu, ia berpesan kepada seluruh peserta, khususnya para karateka terbaik, untuk memanfaatkan momen tersebut dengan sebaik-baiknya.

“Tunjukkan kemampuan terbaik dan semangat juang kalian, karena bukan tidak mungkin, Pomnas ini akan menjadi pintu gerbang bagi kalian, untuk menjadi atlet karate yang profesional, dan akan menjadi andalan Indonesia di tingkat internasional,” pesan Paman Birin.

Selain itu, Paman Birin juga memberikan dukungan khusus kepada karateka terbaik Kalsel serta menyatakan harapannya agar atlet Kalsel dapat tampil meraih prestasi terbaik.

Namun, Paman Birin menekankan agar mereka tidak menjadikan hal tersebut sebagai beban, melainkan sebagai semangat untuk menunjukkan kemampuan terbaik.

“Perlu diingat, jangan jadikan hal ini sebagai beban, tetapi jadikan sebagai semangat untuk menunjukkan kemampuan terbaik demi raihan prestasi seperti apa yang kita harapkan bersama.”tambahnya.

Mengakhiri sambutannya, Paman Birin mengajak kepada semua pihak untuk bersama-sama menjunjung tinggi sportivitas.

“Dengan sportivitas, sebuah kejuaraan, sebuah pertandingan, dapat berjalan dengan baik dan lancar, dapat membentuk jiwa yang sportif, serta melahirkan pemenang terbaik sebagai juara.” ujar Paman Birin.

Sebelumnya, dalam laporan pelaksanaan Pomnas ke-XVIII Tahun 2023 oleh Ketua Panitia, H. Sandi Fitrian Noor menyampaikan, Cabang Karateka ini diikuti oleh 32 provinsi, 17 perguruan tinggi, terdiri dari 133 atlet karateka perempuan dan 131 atlet karateka laki-laki.

“Kemudian, kelas yang akan dipertandingkan sebanyak 17 kelas,” katanya.

Sandi juga menyampaikan rasa syukur atas suksesnya kegiatan pembukaan ini.

Ia menyampaikan harapannya bahwa melalui Pomnas akan muncul generasi atlet karateka yang mampu melanjutkan estafet kejayaan para pendahulunya.

Semoga melalui kegiatan ini, akan lahir atlet karateka berbakat yang dapat melanjutkan estafet kejayaan olahraga karate Indonesia.

“Harapan kami, mereka akan tumbuh menjadi atlet yang lebih baik, lebih berprestasi, dan mampu mengukir prestasi gemilang bagi negeri,” tutup Sandi Fitrian Noor. (adpim/dya)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *