oleh

PMR SMK Pertanian Banjarbaru Ikuti Latdas Selama Dua Hari

BANJARBARU,koranbanjar.net – Palang Merah Remaja (PMR) dari SMK PP Negeri Banjarbaru periode tahun 2020, mengikuti latihan dasar (Latdas) selama dua hari di lahan praktek setempat.

Tim manajeman SMK-PP Negeri Banjarbaru melalui Bidang Kesiswaan, mengelar Latdas pada Sabtu (18/1/2020) dan Minggu (19/1/2020).

Lokasi Latdas yakni lahan praktek di Haji Idak dan Guntung Lua Kota Banjarbaru.

Berapa orang peserta? Ada 18 orang menjadi peserta, berasal dari siswa kelas X.

“Nantinya akan dilantik sebagai pengurus dan anggota PMR SMK-PP N Banjarbaru, karena kakak kelas XII sebentar lagi akan lulus dari SMK-PP N Banjarbaru,” kata Nur Aisyah,
Pengurus PMR.

Latdas ini diharapkan akan menciptakan penerus-penerus PMR di SMK-PP N Banjarbaru.

Selama dua hari para calon PMR SMK-PP N Banjarbaru dibimbing dan diberikan materi oleh para Pembina, dari PMI Provinsi Kalimantan Selatan, PMI Kota Banjarbaru dan PMR SMK-PP Negeri Banjarbaru.

Materi diberikan antara lain 7 buku Kepalangmerahan. Seperti Sejarah Kepalangmerahan, Kepemimpinan, Pertolongan Pertama, Siap Siaga Bencana, Remaja Sehat Peduli Sesama, Pendidikan Remaja Sebaya Dan Donor Darah Sukarela.

Tujuan Latdas? Penguatan kualitas anggota PMR dan pembentukan karakter, mampu memberikan pertolongan pertama pada orang lain yang memerlukan penanganan medis dasar.

Kemudian, mampu berorganisasi dengan baik, membantu meringankan tugas guru, karena penanganan siswa yang sakit di sekolah bisa dilakukan oleh siswa sendiri.

Lainnya? “Latdas dapat meningkatkan keterampilan dan kedisiplinan, serta ketulusan dan kejujuran melalui kegiatan ekstra PMR ini,” kata Nur Aisyah.

Contoh dalam berperilaku hidup sehat bagi teman sebaya, dapat memberikan motivasi bagi teman sebaya untuk berperilaku hidup sehat. (Tim Humas SMK-PP Negeri Banjarbaru/dya)

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: