BNN

Petani Milenial di Tanah Laut Dilatih Pembuatan Proposal Bisnis Usaha

  • Bagikan
Peningkatan kapasitas fasilitator muda Tanah Laut. (Sumber Foto: Tim Ekspos SMK PP Negeri Banjarbaru/koranbanjar.net)

Petani milenial di Kabupaten Tanah Laut dilatih pembuatan proposal bisnis usaha  sebagai implementasi Youth Enterpreneurship And Employment Support Services (YESS), adalah program Kementan bekerjasama dengan IFAD, yang bertujuan mempersiapkan generasi muda untuk terjun ke sektor pertanian.

TANAHLAUT,koranbanjar.net – Ada 4 provinsi yang menjadi lokasi dari program YESS, yakni Kalimantan Selatan (Banjar, Tanah Laut, Tanah Bumbu), Sulawesi Selatan (Bantaeng, Bone, Bulukumba, Maros), Jawa Barat (Sukabumi, Cianjur, Tasikmalaya, Subang), Jawa Timur (Malang, Pasuruan, Tulungagung, Pacitan).

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo meyakini tumbuhnya pengusaha muda di sektor pertanian akan mampu memperkecil angka pengangguran di Tanah Air. Karenanya Mentan menargetkan hadirnya jutaan petani dan pengusaha milenial di sektor pertanian.

“Telah banyak program pemerintah mempromosikan pertanian yang berkelanjutan dan meningkatkan minat generasi muda untuk terjun dan berperan aktif dalam pembangunan pertanian,” tuturnya.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementan, Dedi Nursyamsi, yang juga penanggung jawab YESS, menyatakan demikian.

Program ini dirancang untuk menghasilkan wirausahawan muda perdesaan di bidang pertanian dan untuk menghasilkan tenaga kerja yang kompeten di bidang pertanian.

Keberhasilan program YESS akan menjadi percontohan dan tolok ukur untuk pelaksanaan program pengembangan pemuda tani dan kewirausahaan muda di tingkat nasional maupun internasional.

“Dengan demikian maka pengelolaannya harus dilakukan dengan baik, oleh tenaga yang professional dan berkomitmen tinggi,” tutur Dedi.

Untuk menunjang keberhasilan tersebut, Kabupaten yang menjadi tempat pelaksanaan Program YESS di Kalimantan Selatan kali ini menggelar berbagai pelatihan bagi peserta Program YESS. Kali ini melaksanakan adalah wilayah di Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan.

Pelatihan kali ini diadakan di 2 lokasi, tepatnya di Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Bati-Bati dan, BPP Kurau. Pelatihan ini dilaksanakan oleh District Implementation Team (DIT) Kabupaten Tanah Laut yaitu Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan, melalui sarana prasarana yang ada di 2 Balai Penyuluhan Pertanian di atas.

Materi yang diangkat kali ini mengenai pembuatan proposal bisnis, yang kali ini di sampaikan oleh Hariatun sebagai MoT (Master of Trainer) program yess di Tanah Laut. Pelatihan ini diikuti oleh 25 peserta dengan rincian BPP Bati-Bati 18 orang dan dari BPP Kurau 7 orang.

Selama 2 hari, yang dimulai Rabu, (15/9/2021) peserta yang merupakan para petani milenial yang masuk menjadi peserta Calon Penerima Manfaat dari Program Yess.

Melalui pelatihan ini nantinya diharapkan mereka mengerti cara membuat proposal bisnis dan kemudian implementasikan.

Seperti dijelaskan Angga Tri Aditia Permana selaku Project Manager (PM) Provincial Project Implementation Unit (PPIU) Kalsel mengatakan, tujuan pelatihan ini untuk memberikan pelatihan kepada peserta program YESS yang ada di Kabupaten Tanah Laut.

“Pelatihan baik berupa ilmu, motivasi dan pengembangan usaha, membuat proposal dan masih banyak lagi,” ujarnya. (Tim Ekpos SMK-PP Negeri Banjarbaru/dya)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

13 − four =