DaerahKab TabalongPT Adaro

Peserta Pelatihan Pengelasan Lulus Kompetensi dan Siap Bekerja

TANJUNG, KORANBANJAR.NET – 16 orang peserta pelatihan pengelasan SMAW 3G di Balai Latihan Kerja Disnaker Kabupaten Tabalong, dinyatakan lulus dan kompeten dibidangnya serta siap bekerja, setelah mengikuti uji kompetensi yang diselenggarakan BLK setempat.

Menurut Instruktur Pengelasan BLK Tabalog, Ike Ludiarma, usai mengikuti pelatihan peserta akan magangdi sejumlah perusahaan.

“Peserta sudah siap bekerja. Untuk mengasah keterampilan mereka, perlu magang di sejumlah perusahaan,” ujarnya.

Secara umum, katanya, peserta dibekali keterampilan pengelasan berstandar American Welding Society atau Asosiasi Las America yang mengeluarkan acuan standar pengelasan internasional.

“Saat uji kompetensi, peserta dinilai langsung oleh asesor dari Serang, Banten. Jadi, predikat kompeten tersebut sangat objektif,” katanya.

Aspek penilaian pengelasan mengacu pada ketepatan teknik pengelasan 3G atau vertikal dengan empat lapisan, Root, Root Pass, Filler, dan Caping.

CSR Department Head PT Adaro Indonesia, Leni Marlina mengatakan program pelatihan diharapkan mampu memberi manfaat signifikan bagi para calon tenaga kerja, terutama dalam situasi persaingan kerja yang sangat terbuka saat ini.

“Dengan kompetensi yang dimiliki, selain kesempatan kerja di perusahaan, berwirusaha merupakan pilihan lain yang sangat memungkinkan,” katanya.

Salah seorang peserta pelatihan, Erpan Garcia mengatakan, selama mengikuti program pelatihan tersebut dirinya menjadi paham perbedaan hasil pengelasan yang bagus dan tidak.

“Hasil pengelasan sempurna bisa dilihat dari sisi kiri dan kanan penyambungan. Jika terlihat ada celah, bisa jadi pada saat mengelas filler tidak sempurna,” katanya.

Usai mengikuti pelatihan selama sebulan di BLK Tabalong, ujarnya, dilanjutkan magang kerja di PT Adaro Indonesia area CPBL Kelanis, Kalimantan Tengah.

“Kalau tidak di dunia kerja, saya akan mencoba berwira usaha,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, 16 peserta dari empat desa di wilayah Barito Timur, Kalteng, Bagok, Taniran, Gudang Seng, dan Banyu Landas tersebut, menerima sejumlah perkakas kerja dan asuransi selama magang. (ndi)

Tags

Tinggalkan Balasan

Close