oleh

Pertama Kali, Makam Datu Bagul Ditemukan Guru Sekumpul

MARTAPURA, KORANBANJAR.NET- Setiap tahun, peringatan Haul Syekh Aminullah atau yang akrab disebut Datu Bagul terus dipadati jamaah yang selalu semakin banyak. Bukan hanya masyarakat dari Kabupaten Banjar, tapi juga ada yang datang dari wilayah Kalimantan Tengah.

Acara puncak haul itu dilaksanakan Sabtu (01/09/2018) pagi, di Desa Keramat Baru, Kecamatan Martapura Timur, Kabupaten Banjar.

Banyaknya jamaah yang hadir tak lain dari karomah Datu Bagul yang ramai diperbincangkan di tengah masyarakat.

Seperti yang diutarakan Hj Maimunah, dia datang bersama 16 orang lainnya mengaku sering berziairah ke makam Datu Bagul, hal itu karena sering nazarnya terkabul berkat karomah Datu Bagul. Dia pun setiap tahun selalu hadir ke acara Haul Datu Bagul, meski harus menempuh perjalanan selama 5 jam.

“Kami dari Palingkau, sering berziarah kesini. Dan kami juga selalu hadir kalau acara haul. Kenapa kami sering ke sini, karena kami percaya karomah beliau, saya pribadi sering bernazar, dan alhamdulillah selalu diijabah Allah berkat karomah beliau,” katanya.

Selain itu  juru bicara  dari Majlis Bani Ismail HM Junaidi menuturkan, makam Datu Bagul ini pertama kali ditemukan ulama tersohor di Martapura yakni Syekh Muhammad Zaini bin Abdul Ghani (Guru Sekumpul) dan selalu diziarahi Guru Sekumpul, yang hingga sekarang ramai diziarahi masyarakat.

“Mengenai karomah Datu Bagul  yang sering diperbincangkan masyarakat, saya sangat percaya itu. Beliau menampakan karomahnya kepada penziarah yang datang, mungkin yang datang ini bersih,” ujarnya.

Sementara Ketua Panitia Haul Datu Bagul, M Subhan mengatakan, semenjak diminta mengelola makam Datu Bagul mulai tahun 2002, dalam setiap tahun selalu ada peningkatan jamaah yang hadir dalam acara haul, dan juga untuk setiap hari makam Datu Bagul semakin ramai diziarahi masyarakat.

“Setiap tahun selalu ada peningkatan, kalau dari perhitungan kita hampir 100% peningkatannya, dan untuk haul tahun ini aja sempat nggak cukup konsumsi yang kita sediakan, untung masih sempat kita memambah,”katanya.

Acara Haul diisi dengan acara maulid habsy yang dibawakan KH Syaifudin Zuhri, KH Abdul Hakim, besrta rombongan Mejelis Bani Ismail, juga ribuan jamaah haul.(sai/sir)

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: