Peringati HPSN, Kasatpol PP Kalsel Ajak Masyarakat Berpola Hidup Bersih

oleh -312 views
Peringati HPSN, Kasatpol PP Kalsel Ajak Masyarakat Berpola Hidup Bersih

BANJARBARU, KORANBANJAR.NET – Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol PP) dan Pemadam Kebakaran (Damkar) Provinsi Kalsel, Zakli Asswan, mengajak masyarakat Kalsel sadar akan pola hidup bersih dan sehat.

Hal itu Zakli ungkapkan saat aksi bersih dan peduli lingkungan di kawasan perkantoran Sekreteriat Daerah Provinsi (Setdaprov) Kalsel, Banjarbaru, dalam rangka peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2019.

“Kita mengajak seluruh masyarakat dengan memulai dari kita sendiri, agar selalu berpola hidup bersih dan peduli kebersihan lingkungan, terlebih kebersihan itu sebagian daripada iman,” imbau Zakli.

Dimulai dari pukul 08.00 pagi hingga 11.00 Wita, puluhan anggota Satpol PP Kalsel bersama Forum Kaki Lima (Forkama) lakukan pembersihan lingkungan Setdaprov Kalsel dari sampah yang berceceran.

“Di sini (kawasan perkantoran Setdaprov) kan banyak pengunjung karena ikonnya kantor ini dianggap begitu bagus untuk sarana berolahraga, rekreasi dan bermain. Makanya kebersihan sangatlah penting selalu dijaga,” tutur mantan Kadispora Kalsel ini.

Zakli menuturkan, sampah-sampah plastik yang bereserakan dapat menyebabkan berkembang biaknya nyamuk yang berakibat penyakit demam berdarah.

“Sehat berawal dari kebersihan. Lihat bersebarannya sampah-sampah plastik, itu kan susah terurainya dan jika masuk sungai akan mengganggu juga,” ucapnya.

Ia lantas memuji Forkama yang begitu getol terhadap kebersihan lingkungan. “Untuk kebersihan kami memang agak jarang melakukannya, sebulan bisa 4-5 kali. Tetapi kalau dari Forkama memang ada tugasnya, bahkan tiap hari walaupun ada kegiatan jual beli mereka juga selalu menjalankan tugasnya,” katanya. (ykw/dra)

Jasa Karangan Bunga di Kalimantan Selatan