Banjar  

Penyegaran Kader Pos Binaan Terpadu Kabupaten Banjar

Refreshing Kader Pos Binaan Terpadu (Posbindu) se - Kecamatan Martapura Timur, Senin (27/5/2024). (Sumber Foto: Erick/koranbanjar.net)

Refreshing (Penyegaran) tentang tujuan dan kegiatan tentang pengetahuan seputar tugas pokok dari Kader Pos Binaan Terpadu (Posbindu) se – Kecamatan Martapura Timur, Senin (27/5/2024).

BANJAR,koranbanjar.net – Kegiatan refresh Posbindu merupakan kegiatan monitoring dan deteksi dini Faktor resiko PTM (penyakit jantung, Hipertensi, stroke, dan diabetes militus) kepada Kader Posbindu Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Martapura Timur.

Pelaksanaan acara di Aula Kecamatan Martapura Timur, dengan peserta sebanyak 100 orang, setiap Posbindu menurunkan lima perwakilan untuk setiap wilayah.

Hadir sebagai narasumber Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar Marzuki.

Juga, Kasi Penyakit Tidak Menular (PTM) Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar Galuh Candra dan Kepala UPTD Puskesmas Martapura Timur H.Ahmad Baidawi.

Di dalam acara tersebut, Kabid P2P Dinkes Kabupaten Banjar Marzuki, menerangkan tentang tujuan refresh ini.

“Tujuan dari kegiatan kita hari ini, untuk memberikan bimbingan terkait update data seputar Posbindu PTM,” tuturnya.

Selain itu, ia juga berpesan kepada kader Posbindu yang hadir, untuk siap saat di perlukan di mana di ketahui PTM menduduki peringkat teratas penyebab kematian.

Serta Marzuki berharap untuk kegiatan ini mulai ini para kader siap dengan tugas sebagai kader.

“Mudah mudahan semau kader siap melaksanakan tugasnya, dan dapat meningkatkan partisipasi masyarakat Posbindu terutama untuk penduduk berusia 15 sampai dengan 59 tahun,” harap Marzuki.

Tidak hanya itu, Kepala UPTD Puskesmas Martapura Timur H.Akhmad Baidawi menambahkan, selain refesh PTM ada juga tata cara pengukuran orang bungkuk.

“Acara ini, hanya mengulang pembelajaran yang sudah berjalan di kegiatan Posbindu,” katanya.

Sehingga para kader bisa respon cepat dengan keadaan emergency, dan kader Posbindu di berikan materi untuk pengukuran tinggi badan untuk orang tua yang bungkuk. (mj-44/dya)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *