Penetapan Tempat Musda ke 24 Badko HMI Kalselteng Pindah ke Banjarmasin, Langsung Menuai Polemik

  • Bagikan
Ketua Umum HMI Cabang Barabai, Majidi Rahman
Ketua Umum HMI Cabang Barabai, Majidi Rahman

Musyawarah Daerah (Musda) ke 24 Badan Koordinasi Himpunan Mahasiswa Islam Kalimantan Selatan dan Tengah yang semula akan diselenggarakan di Kota Palangka Raya pada 30-31 Oktober 2021 kini berubah akan digelar di Kota Banjarmasin. Perubahan itu langsung menuai polemik dari pengurus HMI.

BARABAI, koranbanjar.net – Perubahan tempat pelaksanaan Musda ke 24 terjadi setelah Keluar SK Karateker PB HMI dengan Nomor: 01/KPTS/A/04/1443 tentang pelaksanaan Musyawarah Daerah (MUSDA) XXIV Badko HMI Kalselteng.

Dalam SK, Tim Karateker PB HMI menetapkan Kota Banjarmasin sebagai tuan rumah dengan dalih berdasarkan saran dan pendapat pada forum silaturahmi pimpinan cabang (Rapimcab) HMI se Badko HMI Kalsel-teng yang dilaksanakan secara daring (Zoom Meeting) pada 23 Oktober 2021.

Dalam zoom meeting tidak ada pembahasan penetapan tuan rumah Musda Badko dan hanya 2 cabang yang diberikan kesempatan untuk menyampaikan pendapatnya yaitu, HMI Cabang Palangkaraya dan HMI Cabang Banjarmasin. Keduanya siap menjadi tuan rumah.

Padahal dalam forum itu ada 8 Pimpinan HMI Cabang Penuh dan 1 Cabang Persiapan Badko HMI Kalimantan Selatan dan Tengah.

Dari 9 Cabang HMI di wilayah Badko HMI Kalselteng, ada 6 Cabang yang mendukung Kota Palangkaraya sebagai tuan rumah Musda ke 24 Badko HMI Kalselteng ke 24. Keenam cabang itu adalah HMI Cabang Palangkaraya, HMI Cabang Kapuas, HMI Cabang Sampit, HMI Cabang Persiapan Pangkalanbun, HMI Cabang Banjarbaru dan HMI Cabang Barabai.

Ketua Umum HMI Cabang Barabai, Majidi Rahman saat ditemui koranbanjar.net di Sekretariat HMI Cabang Barabai, Senin ( 25/10/2021 ) mengungkapkan, dia sangat menyayangkan keputusan sepihak dari tim karateker PB HMI yang tidak mengutamakan asas musyawarah dan mufakat.

“Kami juga menyatakan sikap bahwa mendukung secara penuh pelaksanaan Musyawarah Daerah (MUSDA) Badko HMI Kalimantan Selatan dan Tengah yang akan diselenggarakan di Kota Palangkaraya pada 30-31 Oktober 2021 mendatang,” ujar Majidi.

“Pesan saya kepada kanda dari PAO (Pembinaan Aparatur Organisasi) PB HMI agar dapat mendengarkan suara dan harapan kami, demi kelancaran proses pelaksanan kegiatan serta tersusunnya program-program strategis yang sangat berpengaruh pada kaderisasi,” katanya.

Proses pendaftaran calon kandidat pun sudah dibuka Badko Kalselteng yang pada dasarnya menjadi panitia adalah HMI Cabang Palangkaraya, pengambilan formouir pendaftaran dibuka dari 25 hingga 27 Oktober 2021. Sedangkan pengembalian formulir dilakukan pada 28 dan 29 Oktober 2021 di Sekretariat HMI Cabang Palangkaraya dari pukul 12.00 hingga pukul 20.00 WIB.(mj-41/sir)

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *