oleh

Pemulihan Trauma Untuk Korban Musibah Banjir Di Mataraman

MATARAMAN, koranbanjar.net – Polres Banjar melakukan penanganan pemulihan trauma bagi korban musibah banjir di Kecamatan Mataraman Kabupaten Banjar.

Sebagaimana diketahui maka intensitas hujan yang cukup tinggi termasuk di Mataraman, membuat sungai meluap hingga menyebabkan Desa Tanah Habang Kecamatan Mataraman Kabupaten Banjar kebanjiran.

Melihat kondisi ini, Polres Banjar turut turun tangan untuk membantu warga korban kebanjiran.

Mendukung Operasi Kontijensi Aman Nusa, Polres Banjar melalui Sat Binmas kali ini bersama Tim Kesehatan Polres Banjar serta personil Polsek Mataraman, melakukan kegiatan penanganan Trauma Healing atau pemulihan trauma, dan pengecekan kesehatan gratis kepada warga setempat.

Kasat Binmas AKP Hj Amalia Afifi menyatakan, musibah kebanjiran ini berbagai penyakit akan mudah menyerang seperti diare dan penyakit kulit.

“Oleh karena itu, kami bersama tim kesehatan Polres Banjar turun tangan untuk melakukan pengecekan,” kata dia.

Polwan perwira ini mengungkapkan, selain melakukan pengecekan kesehatan, juga mengimbau orangtua agar lebih mengawasi dan menjaga anak-anaknya supaya tidak terserang penyakit.

Selain pengecekan kesehatan, tambah Amalia, kegiatan trauma healing dilaksanakan untuk memulihkan mental warga.

“Agar tidak stres dalam menghadapi musibah ini,” imbuh dia.

Dikatakan Amalia, pemulihan trauma menjadi solusi dalam peristiwa traumatik akibat bencana alam, karena bisa membuat para korban rentan terkena gangguan stres pasca-trauma.

Selama rumah warga masih aman untuk ditinggali, diimbau kepada masyarakat tetap tinggal di rumahnya masing-masing.

“Setidaknya mencegah hal yang tidak diinginkan seperti pencurian dan sebagainya,” kata dia. (har/dya)

Komentar

Jangan Lewatkan