Kalsel  

Pemprov Kalsel Gulirkan Bantuan Sosial ke Penggalaman

Dinas Sosial Pemprov Kalsel sampaikan bantuan untuk korban musibah bencana di Penggalaman, Sabtu (12/6/2021). (Sumber Foto: Kominfo Kalsel/koranbanjar.net)

Pemprov Kalsel menggulirkan bantuan sosial kepada korban musibah angin puting beliung di Desa Penggalaman Kecamatan Martapura Barat Kabupaten Banjar, Sabtu (12/6/2021).

BANJAR,koranbanjar.net – Melalui Dinas Sosial (Dinsos) Kalsel merespons cepat musibah angin puting beliung yang menimpa warga Desa Penggalaman, dengan memberikan bantuan tanggap darurat bencana alam.

“Bantuan berupa tenda gulung, makanan siap saji, minuman mineral, matras, selimut wool, minyak goreng, sarden, hand sanitizer, masker, serta perlengkapan bermain anak,” kata Kepala Dinsos Kalsel, Siti Nuriyani di Penggalaman, Sabtu (12/6/2021).

Nuriyani menyebutkan, sebanyak 26 buah rumah dilaporkan rusak berat, dengan 37 KK dan 81 jiwa terdampak musibah yang terjadi pada Jumat (11/6/2021).

“Program yang ada di Dinsos Kalsel adalah RS-RTLH, yaitu Rehabilitasi Sosial Rumah Tidak Layak Huni berupa rehab pada atap, lantai, dinding.,” katanya.

Kalau untuk membangun baru, sambung dia, tidak ada programnya. Tapi, bisa memberikan rekomendasi meneruskan usulan Dinsos Kabupaten Banjar ke Kemensos untuk permohonan bantuan Bahan Bangunan Rumah ( BBR).

Sementara itu, Kepala Seksi Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam Dinsos Kalsel, Achmadi mengatakan, Dinsos Kalsel juga menurunkan tim Layanan Dukungan Psikososial untuk mengatasi traumatik warga terdampak puting beliung.

Dia pun meminta masyarakat untuk selalu waspada, karena cuaca yang cukup ekstrem saat ini.

Cuaca ekstrem ini akibat peralihan musim, diperlukan kewaspadaan masyarakat seperti hati-hati ketika terjadi petir, jangan berteduh di bawah pohon atau lampauan di pahumaan (sawah).

“Banyak bersabar kepada korban, semoga dapat gantinya untuk membangun kembali rumahnya,” kata Achmadi. (kominfokalsel/dya)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *