Pemkab Tanah Bumbu Dukung Penumbuhan Petani Milenial Melalui Program YESS

Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu Provinsi Kalimantan Selatan, mendukung program YESS (Youth Entrepreneurship And Employment Support Services). Dengan program ini diharapan Tanah Bumbu bisa menghadirkan banyak petani milenial.

TANAHBUMBU,koranbanjar.net – Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan, kehadiran petani milenial sangat penting.

Generasi milenial adalah penentu kemajuan pembangunan pertanian di masa depan.

“Saya yakin di tangan generasi milenial yang adaptif, inovatif dan kreatif, sektor pertanian akan maju pesat,” ungkap Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL).

Hal senada disampaikan Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi.

“Sudah saatnya pertanian dikelola generasi milenial dengan kreativitas dan inovasinya, katanya.

Sentuhan generasi milenial diharapkan membuat sektor pertanian ke depan menjadi modern. Kementerian Pertanian (Kementan) terus berupaya untuk menyadarkan generasi muda akan pentingnya keberlangsungan pembangunan pertanian.

“Perjuangan petani-petani terdahulu harus dilanjutkan dan dikembangkan oleh generasi muda,” papar Dedi.

Tak hanya pemerintah pusat, pemerintah daerah kabupaten Tanah Bumbu provinsi Kalimantan Selatan pun menaruh perhatian khusus pada peran serta generasi milenial di sektor pertanian.

Bupati Tanah Bumbu, Zairullah Azhar, mengatakan hadirnya program YESS di Kabupaten Tanah Bumbu seperti angin segar yang menjadi harapan bagi regenerasi petani.

“Kami mendukung penuh kerjasama Program YESS dari Kementerian Pertanian, dimana dalam hal ini dijalankan oleh SMK-PP Negeri Banjarbaru selaku PPIU Kalimantan Selatan,” tuturnya.

Zairullah juga menghimbau kepada seluruh jajaran Pemda Kabupaten Tanah Bumbu yang terkait dalam kerjasama program ini untuk mendukung penuh pelaksanaan kegiatan yang diadakan oleh Kementerian Pertanian ini di Kalimantan Selatan.

“Khususnya di Kabupaten Tanah Bumbu,” imbuh dia.

Seperti diketahui Kementerian Pertanian (Kementan) bekrjasama dengan IFAD merancang program YESS untuk membangun kewirausahaan dan ketenagakerjaan muda di sektor pertanian.

Program ini melibatkan dan meningkatkan peran para pemuda di perdesaan untuk menekuni sektor pertanian.

Senada dengan Zairullah Kepala SMK-PP Negeri Banjarbaru, Budi Santoso, mengharapkan sinergitas yang terjalin antara pemerintah pusat dan daerah dapat berjalan dengan baik demi suksesnya Program YESS.

“Akhir minggu lalu, kami melakukan pembahasan mengenai nota kesepakatan dan perjanjian kerjasama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Bumbu yang dilanjutkan penandatanganan Nota Kesepakatan, Senin (24/5/2021),” katanya.

Kesepakatan itu turut diikuti Bupati Tanah Bumbu, Kepala Dinas Pertanian Tanah Bumbu dan beberapa SKPD terkait yang dengan penuh akan mendukung program YESS.

“Saya harap, dengan adanya program ini, benar-benar bisa menciptakan petani milenial,” ungkap Budi.

Serta wirausaha pertanian milenial yang berdaya saing hingga pada akhirnya dapat mengangkat potensi pertanian di Kalsel hingga ke kancah internasional.
(timhumassmkppbjb/dya)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *