Pemkab Kotabaru Gelar Sosialisasi Inovasi Daerah 2023

Sosialisasi inovasi daerah tahun 2023 yang digelar Pemerintah Kabupaten Kotabaru, berlangsung di Grand Surya Kotabaru, Rabu (13/12/2023). (Foto: Kominfo Kotabaru/Koranbanjar.net)
Sosialisasi inovasi daerah tahun 2023 yang digelar Pemerintah Kabupaten Kotabaru, berlangsung di Grand Surya Kotabaru, Rabu (13/12/2023). (Foto: Kominfo Kotabaru/Koranbanjar.net)

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kotabaru menggelar sosialisasi inovasi daerah tahun 2023 dengan Narasumber dari Brida Provinsi Kalimantan Selatan yang berlangsung di Grand Surya Kotabaru. Rabu (13/12/2023).

KOTABARU, koranbanjar.net Kegiatan sosialisasi inovasi daerah ini bertujuan untuk memotivasi SKPD untuk meningkatkan Inovasi dalam pelayanan masyarakat.

Sosialisasi dihadiri Asisten II Setda Kotabaru, Kepala Bappeda Kotabaru, Kepala Brida Provinsi Kalimantan Selatan beserta rombongan, dan SKPD Lingkup Pemkab Kotabaru.

Dalam sambutan Bupati Kotabaru yang dibacakan Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Kotabaru Drs. H. Murdianto, M. Si mengungkapkan, Inovasi Daerah memiliki peran yang sangat penting dalam menciptakan masyarakat yang lebih maju dan sejahtera.

“Melalui Inovasi Pemerintah Daerah telah memberikan pelayanan yang lebih efektif dan efisien sehingga dapat memenuhi kebutuhan masyarakat dengan baik. Dalam konteks ini, gagasan, adaptasi modifikasi, dan Inovasi pelayanan yang diberikan Pemerintah Daerah merupakan hal sangat penting, Inovasi tersebut dapat memberikan manfaat bagi masyarakat baik secara langsung dan tidak langsung,” tuturnya.

Sementara itu, dalam laporan Kepala Bappeda Kotabaru Ir. Rurien Sriharjanti, MM menjelaskan, sebagaimana yang tertuang dalam pasal 388 ayat 9 dan 11 menyatakan bahwa, Pemerintah Pusat memberikan penilaian terhadap Inovasi yang dilaksanakan Pemerintah Daerah, dan Pemerintah Pusat akan memberikan penghargaan atau pun Insentif kepada Pemerintah Daerah yang berhasil melaksanakan Inovasi.

“Upaya menumbuh kembangkan dan menyebarluaskan praktek-praktek Inovasi baik secara continue dapat dilakukan dengan cara memotivasi dan memacu kreativitas Pemerintah Daerah untuk melakukan Inovasi dalam praktek penyelenggaraan pemerintah daerahnya,” Jelasnya.

Rurien Sriharjanti juga menambahkan salah satu langkah awal dalam peningkatan inovasi adalah melalui penilaian Inovasi Daerah melalui supervisi secara periodik dan berkelanjutan dengan tujuan untuk memotivasi dan meningkatkan inovasi dalam pelayanan masyarakat.

“Sesuai dengan kategori yaitu, kategori sangat inovasi, inovasi, serta memotivasi perangkat daerah lainnya, kurang inovasi dan tidak inovasi,” tambahnya.

Kegiatan Sosialisasi Inovasi Daerah ini diisi dengan narasumber dari Kepala Brida Provinsi Kalimantan Selatan Dr. H. M. Amin, MT dan sesi tanya jawab dari peserta. (bay)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *