BNN

Pemkab Banjar Menggelar Bimtek Penyusunan Rencana Strategis

  • Bagikan
Sekda Banjar H Mokhamad Hilman buka Bimtek penyusunan rencana strategis, Sabtu (25/9/2021). )Sumber Foto: Kominfo Banjar/koranbanjar.net)

Sekretaris Daerah Kabupaten Banjar Mokhamad Hilman, membuka bimbingan teknis (bimtek) penyusunan rencana strategis (Renstra) Kabupaten Banjar, Sabtu (25/9/2021).

BANJAR,koranbanjar.net – Penyusunan Rencana Strategis Perangkat Daerah untuk periode 5 tahun tersebut berpedoman pada Permendagri Nomor 54 tahun 2010.

Bimtek Penyusunan Renstra Perangkat Daerah untuk tahun 2021 -2026 bertempat di salah satu hotel di Kota Banjarbaru diikuti para kepala SKPD Banjar beserta kasubag program masing-masing SKPD.

Sekda Banjar H Mokhammad Hilman didampingi Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra H Masruri, Asisten Bidang Administrasi Umum Hj Siti Mahmudah, Kepala Bapeddalitbang Galuh Tantri Narindra.

Hilman mengatakan, mewakili Pemerintah Kabupaten Banjar, meminta agar peserta bisa menyerap paparan yang disampaikan nara sumber. Dikatakan, bimtek sangat membantu SKPD dalam penyusunan Renstra nantinya.

“Jika ada kendala yang ditemui dalam penyusunan Rencana Strategis ini maka dapat dibicarakan dalam forum diskusi, agar kendala tersebut bisa teratasi,” katanya.

Kemudian hari seluruh Rencana Strategis yang dibuat sesuai dengan kaidah dan rumus penyusunan yang benar.

Sedangkan narasumber Ananda Juarsa dari Kemenpan RB memberikan pedoman khusus dalam penyusunan Renstra agar sesuai dengan fungsi masing – masing SKPD.

Diantaranya sebagai awal adalah dengan membuat pohon kinerja dan pemberdayaan SDM yang berkualitas, kemudian prensentase SDM yang bersertifikat.

“Indikator yang ditetapkan harus terukur dengan baik dan mandiri, menetapkan output serta data valid yang disajikan Perangkat Daerah, diantaranya, siapa melakukan apa,” ujarnya.

Terkait ada kekosongan jabatan di suatu SKPD dia menekankan agar pimpinan bisa menunjukan kondisi terukur dimana yang ada kekosongan pejabat tadi. (kominfobanjar/dya)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

twenty − twelve =