Pemkab Banjar Belajar Manajemen Antisipasi Konflik Pemilu ke Sidoarjo

oleh -129 views
Kunker Pemkab Banjar disambut Bupati Sidoarjo di di Pendopo Delta Wibawa Pemkab Sidoarjo. (Foto: MC Banjar)

SIDOARJO, KORANBANJAR.NET – Bupati Banjar, Khalilurrahman, bersama rombongan Forkopimda Banjar mengunjungi Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, Selasa (26/2/2019).

Kunjungan kerja (kunker) Bupati Banjar bersama rombongan ini disambut Bupati Sidoarjo, Saifullah, di Pendopo Delta Wibawa Pemkab Sidoarjo.

Bupati Khalilurrahman menjelaskan, kunker ini bertujuan untuk mempelajari dan melihat kesiapan Pemkab Sidoarjo dalam menghadapi Pemilu 2019 mendatang.

Menurutnya, dengan 20 kecamatan, 227 desa dan memiliki 13 kelurahan, ditambah lagi dengan kondisi geografis dan sosial yang beragam, Kabupaten Banjar rentan terjadi konflik yang berpotensi mengancam stabilitas keamanan daerah.

”Kami juga tidak dapat memungkiri pada pelaksanaan pemilu di setiap daerah memiliki potensi terjadinya konflik. Karena itu, upaya mencegah terjadinya konflik menjadi sangat penting dan paling utama,” jelasnya.

Kondisi tersebut, kata Khalilurrahman, menjadi tujuan kunker Pemkab Banjar ke Sidoarjo untuk mempelajari tentang manajemen antisipasi terpadu pengamanan pra dan pasca pemilu.

”Kami memilih ke sini karena Kabupaten Sidoarjo telah berkembang pesat, memiliki SDM produktif, kondisi sosial politik serta keamanan yang relatif stabil,” ujarnya.

Bupati Khalilurrahman berharap Pemkab Sidoarjo berkenan berbagi ilmu dan pengalaman tentang manajemen antisipasi terpadu pengamanan pra dan pasca pelaksanaan pemilu. Dengan harapan semoga jalannya pemilu April depan di Kabupaten Banjar, aman terkendali.

Menanggapi hal tersebut, Bupati Sidoarjo Saifullah, mengapresiasi kunker Bupati Banjar bersama rombongan dan bersedia berbagi pengetahuan dan memberi masukan untuk persiapan menghadapi pemilu mendatang.

“Semoga kunker ini membuat hubungan Pemkab Sidoarjo dan Pemkab Banjar semakin baik, sekaligus saling belajar dengan mengambil kelebihan masing-masing,” harapnya.

Dalam kunjungan ini, Bupati Khalilurrahman didampingi Kepala Kejaksaan Negeri Martapura, Polres Banjar, Dandim 1006 Martapura dan Sekretariat Forkopimda yang terdiri dari Sekdakab Banjar, Asisten Pemerintah, Kepala Badan Kesbangpol, Kepala Satpol PP, Kepala BPKAD, Kepala Badan Pendapatan Daerah, Kepala Dinas Kominfo, Statistik dan Persandian, Kepala Dinas Perhubungan, Kepala Bapelitbang, Kepala LP Kelas 1 Anak Martapura, serta Kabag Protokol dan Humas Setdakab Banjar. (adv/dny)

Jasa Karangan Bunga di Kalimantan Selatan