oleh

Pemerintah Daerah Siapkan Ratusan Tandon Air

MARTAPURA, koranbanjar.net – Sebanyak ratusan unit tandon air dipersiapkan pemerintah setempat, dalam menjaga suplai air untuk keperluan haul ke-15 Guru Sekumpul.

Berapa jumlahnya? Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banjar menyiapkan 150 uni tandon air.

Berbagai persiapan untuk kelancaran haul ke-15 Abah Guru Sekumpul, yang jatuh pada 1 Maret mendatang sudah mulai dikerjakan, begitupun dengan BPBD maka tahun ini juga menyiapkan 150 tandon akan dipakai keperluan menampung air bersih guna keperluan masak.

Menurut Kepala BPBD Kabupaten Banjar HM Irwan Kumar, 150 tandon tersebut akan dibagi ke dapur umum haul.

“Kami yang akan mengantarkan tandon dan kami juga nanti akan mengambilnya, hal ini bertujuan agar dapat meringankan kerjaan para relawan haul,” jelasnya kepada koranbanjar.net.

Kumar menjelaskan, jelang satu minggu sebelum haul nanti, pihaknya akan membantu mengisi air bersih untuk tandon di dapur umum.

“Kami (BPBD) sudah menyiapkan sumur di kantor untuk keperluan air bersih yang dapat digunakan keperluan memasak,” jelas Kepala BPBD.

Sejauh ini, ucapnya, pihak BPBD terus berkoordinasi dengan Lurah Sekumpul Gt Marhusin dalam pendataan dapur umum dan keperluan tandon.

“Setelah datanya sudah rampung, kami akan membagikan tandon ke titik dapur umum. Insya Allah awal Februari tandon sudah siap dibagikan,” ujarnya.

Selain menyiapkan tandon, tambahnya, pihaknya akan menyiapkan perahu karet untuk evakuasi dalam keadaan darurat.

“Perahu karet digunakan membantu Dinas Kesehatan jika ada yang perlu dievakuasi ke rumah sakit melalui jalur air,” terangnya. (har/dya)

Komentar

Jangan Lewatkan