oleh

Pasayangan Utara Siap Jadi Desa Tanggap dan Tangguh Covid-19

Pencegahan penyebaran Virus Corona atau Covid-19 di Kabupaten Banjar bukan hanya tugas pemerintah daerah, tetapi merupakan tanggung jawab semua. Salah satunya Desa Pasayangan Utara Kecamatan Martapura yang sudah siap menjadi Desa Tanggap dan Tangguh Covid-19.

MARTAPURA, koranbanjar.net – Program Desa Tanggap dan Tangguh Covid-19 merupakan salah satu program dari Pemerintah Kabupaten Banjar bertujuan untuk memutus penyebaran Virus Corona dari level bawah seperti desa.

“Kalau desa sudah menjalankan program dan prosedur pencegahan Covid-19 maka dapat dikatakan desa tersebut masuk dalam zona hijau atau zona aman,” ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Banjar, M Hilman, Senin (6/4/2020).

Kepala Desa Pasayangan Utara, Muhammad Gazali mengatakan, setelah mendapatkan surat edaran Bupati Banjar nomor 17 tentang imbauan pencegahan penyebaran Virus Corona di Kabupaten Banjar, maka Pasayangan Utara pun segera membentuk Relawan Desa.

“Dalam edaran tersebut telah dicantumkan struktur tim dan langkah serta upaya yang dilakukan desa dalam melawan Virus Corona di desa,” ucapnya.

Gazali juga menjelaskan, dalam pembentukan tim pencegahan Covid-19 di Desa Pasayangan Utara melibatkan semua elemen masyarakat yang ada di desanya.

“Yang menjadi ketua adalah kepala desa, Ketua BPD menjadi wakilnya, juga melibatkan Babinsa, RT dan RW, juga ada bidan desa dan sejumlah masyarakat yang siap jadi relawan,” jelas Kepala Desa Pasayangan Utara.

Sejauh ini, tambah Gazali, desanya telah menyiapkan beberapa tempat cuci tangan di beberapa tempat yang sering dikunjungi dan membuat Posko Relawan Covid-19 dan juga telah menyediakan ruang isolasi desa.

“Kedepannya kami akan melakukan pendataan kepada warga yang keluar masuk atau yang telah bepergian ke luar daerah, dan juga kami akan membagikan masker kepada warga, serta melakukan imbauan pencegahan penyebaran Virus Corona secara lisan dari rumah ke rumah,” tambah Gazali.

Kepala Desa Pasayangan Utara berharap agar masyarakat juga berhati-hati selain waspada terhadap Virus Corona, juga berhati-hati terhadap modus penipuan yang mengambil keuntungan terhadap wabah ini.

“Sebagaimana diberitakan, ada beberapa modus perampokan dengan mengatas namakan mau menyemprot rumah dengan Cairan Disinfektan ternyata semprotan itu berbahan bius,” ucap dia.

Untuk mencegah hal itu, pihaknya senantiasa mengingatkan masyarakat. (har/dya)

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: