oleh

Pasar Batuah Lantai II Sepi, Pengunjung hanya Hitungan Jari

MARTAPURA, KORANBANJAR.NET – Pasar merupakan tempat orang melakukan kegiatan jual beli, Pasar juga mempunyai pengaruh penting bagi kehidupan manusia. Akan tetapi, kenyamanan pengunjung saat berbelanja di pasar patut diperhatikan. Persoalan yang kerap terjadi adalah kebersihan pada pasar.

Pantauan wartawan koranbanjar.net, Pasar Batuah Martapura khususnya lantai dua perlu diperhatikan dari sisi kebersihan, saat ini petugas kebersihan pemungut sampah di pagi dan sore hari berjalan seperti semestinya, tidak begitu terlihat sampah yang berserakan. walaupun ada di bagian-bagian tertentu yang masih terlihat sampah.

Pemandangan yang kurang enak pun terlihat seperti perlengkapan pedagang yang masih berserakan, menjadikan suasana lantai dua seperti gudang yang berantakan dan tidak enak dipandang. Kondisi seperti ini akan berpengaruh pada pihak pengguna pasar seperti halnya pengunjung yang enggan untuk berkunjung ke lantai dua Pasar Batuah.

Salah satu pedagang Gafar mengungkapkan  pengunjung pasar Batuah khususnya lantai dua masih dapat dihitung jari. Banyak yang belum tahu keberadaan mereka karena enggannya pengunjung ke lantai dua.

“Kebanyakan pengunjung cuma di lantai bawah jarang yang ke lantai atas, biasanya yang datang dari kenalan atau pelanggan yang kami bina” kata Gafar

Gafar menambahkan, dalam satu tahun ini petugas kebersihan berjalan baik, setiap sore petugas memungut sampah yang dikumpulkan pedagang di kantong-kantong plastik yang diletakkan di depan toko.

“Dulu pernah sampah tidak diambil oleh petugas kebersihan, sampai satu minggu kami langsung lapor ke petugas, petugas langsung tanggap dan berjalan kembali seperti biasa” ucapnya

Saat dikonfirmasi pada Plt PD Pasar Batuah Martapura, Rusdiansyah, SE mengatakan kebersihan khususnya di lantai dua sudah beberapa kali dilakukan gotong royong. Dalam memfasilitasi kebersihan pasar seperti adanya bekas berjualan yang sudah dibersihkan PD Pasar Batuah akan melakukan sterilisasi lagi secara bertahap.

PD pasar akan memantau kembali secara khusus untuk memfasilitasi kebersihan pasar, dan juga akan dilakukan pengelolaan serta penataan tempat-tempat berjualan pedagang malam.

“Kami akan lakukan koordinasi dengan pedagang untuk menata dan merapikan perlengkapan yang berserakan di lantai dua di Pasar Batuah Martapura agar tidak terlihat kumuh dan akan ada pengelolanya, dan juga mengajak pedagang mendukung program pemerintah daerah dalam menciptakan pasar yang lebih baik, bersih indah,tertib dan aman serta nyaman, dan juga menjadi daya tarik tersendiri sehingga banyak pengunjung yang datang ke Pasar Batuah,” ucapnya.

Rusdiansyah menambahkan untuk sarana PD Pasar Bauntung Martapura sudah mengusulkan kepada  kementerian perdagangan untuk pengadaan tenda, agar pedagang tidak menggunakan terpal, dan akan terlihat seragam dan rapi.

Dalam membantu pedagang dalam pemasaran, Rusdiansyah akan jadikan PD Pasar sebagai perpanjangan tangan pedagang dengan merangkul dan  mendata produk unggulan di pasar. Produk-Produk unggulan di Pasar Batuah seperti pakaian rias pengantin, pakaian tradisional, peralatan qasidah, maulid, permata,  kuliner dan lainnya akan dipromosikan PD Pasar Batuah Martapura melalui website PD Pasar,” tutupnya.(mj-20/sir)

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: