Baznas

Panwaslu Harus Bersikap Netral

  • Bagikan

MARABAHAN – Sebanyak 51 anggota Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kecamatan (Panwaslucam) dari 17 kecamatan yang ada di Kabupaten Barito Kuala dilantik dan diambil sumpah serta janjinya di Gedung Ardji Kriyo Sentono Rumah Makan Pawon Tlogo Handil Bakti, Kecamatan Alalak Kabupaten Batola, Sabtu  (11/11) lalu.

Bupati Batola Noormiliyani mengatakan, pelantikan dan pengambilan sumpah serta janji ini merupakan bagian tak terpisahkan dari seluruh tahapan dalam rangka persiapan menyongsong pelaksanaan pemilu mendatang.

Noormiliyani menyebutkan, ada 3 hal utama sangat menentukan sukses tidaknya penyelenggaraan pemilu, yaitu proses dalam penyelenggaraan, aturan-aturan hukum, dan proses penegakan hukum dalam menangani terjadinya pelanggaran dalam pemilu yang merupakan tugas utama panwaslu.

Untuk itu kepada para anggota panwaslucam yang dilantik ia berharap dapat mengemban tugas serta tanggungjawab yang sangat besar yaitu selain harus bersikap netral juga mampu memberikan pelayanan yang jujur, adil, berimbang, dan transparan.

“Saya berharap saudara-saudara benar-benar memiliki integritas yang tinggi serta mampu menunjukan kinerja yang maksimal guna mendorong suksesnya penyelenggaraan Pemilu 2019 mendatang,” harap isteri mantan Bupati Batola H Hasaanuddin Murad itu.

Ketua Panwaslu Batola, Akhmad Gafuri menerangkan, anggota panwascam yang dilantik saat ini merupakan hasil seleksi yang dimulai dari Oktober 2017 lalu.

Dari 195 pendaftar yang berhasil dijaring, 187 orang berhasil lolos administrasi. Namun setelah dilakukan serangkaian tes, mulai tes tertulis hingga wawancara, dipilih 3 orang masing-masing yang terbaik di 17 kecamatan se-Batola.

Salah satu anggota panwaslucam dari kecamatan Anjir Muara, Romawi, menanggapi, setelah pelantikan ini mereka akan melaksanakan verifikasi pendukung calon.

Untuk rekrutmen pengawas pemilu lapangan (PPL), Romawi mengatakan sesuai instruksi dari panwas kabupaten akan dilaksanakan kurang lebih dua bulan mendatang. “Semoga pemilu ini nantinya dapat berjalan sesuai aturan yang berlaku,” katanya. (dny)

  • Bagikan